Rabu, 17 Agustus 2022

5.005 Meter Bendera Merah Putih Selimuti Anjungan Pantai Losari

Tags

 



Nuansa Terkini Makassar,- Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tak pernah kehabisan ide kreatif untuk selalu menjadi beda pada setiap peringatan hari besar nasional. 


Pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77 Tahun, Danny punya cara tersendiri untuk menyemarakkan secara meriah tanpa mengurangi rasa kecintaan terhadap Kota Makassar. 


Seperti membentangkan bendera sepanjang 5.005 meter. Bendera tersebut menyelimuti pelataran Bugis Makassar, Anjungan Pantai Losari usai melakukan proesesi sakral pengibaran bendera Merah Putih. 


Bendera ini dibentangkan oleh 1.000 personil gabungan dari Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan BPBD Makassar. 


“Disamping acara formal dengan formasi yang membanggakan kemudian kami melanjutkan dengan pengibaran bendera khas kita dimana 77 bendera terdiri atas 65 meter per benderanya total 5.005 meter diiringi 350 orang paduan suara dari anak-anak SMP kita,” ujarnya, Rabu (17/08).


Hal ini dilakukan Danny mengingat pesan dari Bapak Presiden RI, Joko Widodo pernah mengatakan tantangan dunia ke depan makin sulit seperti gelombang bendera. 


Tapi dengan persatuan, kesatuan dan semangat yang tinggi serta kebersamaan maka kegelapan dunia di masa depan akan diterangi oleh Indonesia dan dimulai dari Kota Makassar. 


“Jadi ini makna terdalam dari kegiatan khas yang kita lakukan hari ini,” ucapnya. 


Prosesi ini diiringi beberapa lagu kebangsaan diantaranya, Indonesia Pusaka, Hari Merdeka, Dari Sabang Sampai Marauke, Rayuan Pulau Kelapa, Aku Anak Indonesia, Makassar Kota Dunia. 


Danny juga menambahkan jika tahun ini temanya dilaksanakan di darat. Berbeda dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 2021 dilakukan di atas laut oleh ratusan nelayan yang membentangkan 1.000 meter bendera Merah Putih. (*).