Rabu, 25 Januari 2023

Songsong Pemilu 2024, KPU Bantaeng Lantik 201 Anggota PPS, Bimtek dan Gelar Pasukan

Tags


Nuansa Terkini Makassar, -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng melakukan bimbingan teknis (bimtek) kepada anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) selama dua hari, 24-25 Januari 2023.

Kegiatan ini digelar usai melalui tahapan seleksi cukup panjang dan sebanyak 201 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu Serentak 2024 resmi dilantik dan diambil sumpah/janjinya oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng, Hamzar Hamna, di Tribun Pantai Seruni Bantaeng, Selasa (24/1/2023).

Pelantikan PPS dan gelar pasukan ini turut dihadiri Wakil Bupati Bantaeng, Drs. H. Sahabuddin, Komisioner KPU Sulsel, Uslimin, perwakilan Forkopimda, Komisioner Bawaslu Bantaeng, sejumlah pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bantaeng.

Wakil Bupati Bantaeng, Drs. H. Sahabuddin, berpesan kepada para PPS Pemilu 2024 yang telah dilantik ini agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dengan memperhatikan asas-asas pemilu.


“Jaga kesehatan dan semoga diberikan kelancaran dalam menjalankan tugasnya sampai akhir masa jabatannya 14 bulan ke depan nanti untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang,” tutur Sahabuddin.


Sementara itu, Ketua KPU Bantaeng Hamzar Hamna mengatakan, anggota PPS ini sudah melaksanakan tugas setelah dilantik pada 24 Januari 2023 hingga 4 April 2024 atau 14 bulan mendatang.


Adapun jumlah PPS se-Kabupaten Bantaeng sebanyak 201 orang. Mereka akan di plotting ke 67 Desa/Kelurahan yang ada di Bantaeng. Setiap desa dan kelurahan terdiri dari 3 anggota PPS.


“Kita telah melaksanakan gelar pasukan PPS dan PPK serta melantik anggota PPS se-Kabupaten Bantaeng sejumlah 201 orang terdiri dari 3 orang setiap desa untuk 67 Desa dan Kelurahan di daerah ini,” ucapnya.


Hamzar berharap, nantinya PPS mampu bekerja dan mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tahapan demi tahapan Pemilu serentak 2024 yang akan ada 5 surat suara, sehingga tentu dinamikanya akan sangat luar biasa.

“Anggota PPS diharapkan bisa lebih bersiap diri baik secara mental dan fisik sehingga bisa menghadapi seluruh tahapan pemilu selama 14 bulan menjabat dengan sebaik-baiknya,” harap Hamzar yang sudah dua periode menjadi komisioner Ketua KPU Bantaeng.


Dia menambahkan, nantinya PPS segera memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sebelumnya membentuk panitia pemutakhiran pemilih (pantarlih) di 633 TPS di Bantaeng.


Sedangkan Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Sulsel, Uslimin, meminta seluruh anggota PPS dapat bekerja detail dalam pemutakhiran data pemilih untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Tentunya ini membutuhkan waktu dan prosesnya cukup panjang. Selain itu, PPS juga diminta memaaifkan sosialisasi di tingkat Desa dan Kelurahan.


“Tugas PPS juga harus mengumumkan DPS, menerima masukan dari masyarakat terkait DPS, kemudian mengumumkan hasil masukan dari masyarakat tersebut,” terangnya. (*)