Sabtu, 25 Juni 2022

Rapat Munas Ke 6, Arman Haris Terpilih Sebagai Ketua DPC AAI




Nuansa Terkini Makassar, - Kegiatan pemilihan Ketua Umum DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) yang dilaksanakan di Hotel Sheraton Jl. Andi Djema. Pada kegiatan tersebut dihadiri sekitar 400 orang dan 38 DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI). Pemilihan berlangsung aman dan terkendali Sabtu (26/6/2022).


Pada pemilihan Ketua Umum DPC Asosiasi Advokat Indonesia ynag terpilih mantan Ketua DPC Peradi Jakarta Pusat, Arman Haris, akhirnya terpilih secara aklamasi, memimpin Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), melalui Musyawarah Nasional (Munas) ke-VI.


Ketua Umum DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Arman Haris mengatakan bahwa akan menyusun kepengurusan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI),  sesuai dengan anggaran dasar. Sebagai Ketua Umum DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) di berikan waktu 30 hari untuk menyusun kepengurusan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI).


"Kami akan segera menyusun kepengurusan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Program kerjanya selain rekonsiliasi yang akan kami terus lakukan. Pasti database anggota rekrutmen konsulidasi terhadap seluruh cabang  yang ada di Indonesia,"ujar Arman.


Menurutnya ada seratus lebih organisasi advokat yaitu 108 organisasi advokat untuk itu, dia berharap agar dapat menyatukan Asosiasi Advokat Indonesia.


"Seperti  yang kemarin sempat pecah  upaya kami atau ikhtiar kami, untuk menyatukan  bisa di terima oleh  pihak versi yang lain mudah - mudahan segera  jadi rekonsiliasi  dan kembali satu,"ungkapnya.


Sebagai salah satu pilar penegak hukum Ketua Umum DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) yang terpilih, akan memberikan kontribusi selaku advokat, terus memberikan sumbangsih terhadap pengembangan hukum yang ada di Indonesia. (*).




Sambut HKG 50 Tahun, PKK Makassar Siapkan Sejumlah Program


Nuansa Terkini Makassar,- Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail bersama sejumlah pengurusnya bersilaturahmi dengan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan Naomi Oktarina di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel Jalan Hertasning Makassar, Sabtu (25/6/2022).


Pertemuan tersebut untuk membahas persiapan HKG (Hari Kesatuan Gerak) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Nasional ke 50 tahun yang rencananya akan di adakan pada 30 Juni 2022 mendatang.


Indira menyampaikan sejumlah programnya yang rencananya akan diresmikan bertepatan pada perayaan HKG nanti.


“Pertemuan dengan Ibu PKK Provinsi tadi membahas kegiatan HKG yang akan berlangsung 30 Juni mendatang. Sejumlah program rencananya akan kami launching untuk menyemarakkan kegiatan nanti”, jelas Indira.


Sejumlah program dan pengumuman lomba 10 program PKK akan menyemarakkan HKG PKK ke 50.(*)




Kadis Pariwisata Makassar Membuka Grand Festival Bakat



Nuansa Terkini Makassar, - Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar membuka Grand Final Festival Bakat Makassar di Mall Phinisi Point Makassar Pada Hari Sabtu 25 Juni 2022 


Kegiatan ini bertujuan untuk mencari potensi bakat yang ada pada setiap kecamatan se-kota makassar dan akan diseleksi sesuai bakat yang di perlombakan. 


Kegiatan festival bakat ini pun sudah melakukan proses seleksi selama 5 minggu dan telah terpilih 10 kontestan dari 15 kecamatan se-kota makassar 


Yang di harapkan kegiatan ini dapat menghasilkan talenta-talenta baru sehingga terjadi regenerasi pada industri ekonomi kreatif yang ada di makassar. 


Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar sendiri meminta kepada Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Makassar agar membuat database dari seluruh peserta di 5 dapil untuk di berikan tempat di setiap kegiatan-kegiatan kita, jadi kegiatan ini tdk selesai di hari ini tapi berkelanjutan. (*).




Hadiri Pernikahan 9 Santri Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Danny Berpesan Jagai Anak Ta.

 




Nuansa Terkini Makassar,~ Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto menghadiri pernikahan 9 pasang santri yayasan Al Bayan Hidayatullah. di Bumi Tamalanrea Permai Blok M No 26. Makassar. Sabtu  (25/6/2022).


Pada kesempatan itu, Danny mengucapkan rasa syukurnya dapat bertemu kembali dengan para santri dan alim ulama beserta keluarga besar di yayasan Al-Bayan Hidayatullah.


"Bahagia rasanya bisa bertemu kembali bersama para ustaz dan juga ustazah, alim ulama dan terkhusus 9 santri dalam rangka Walimatul ‘ursy. Ini adalah momen yang sangat baik sekali," ucap Danny dalam sambutannya.


Danny menjelaskan, bahwa pada satu periode masa  kepemimpinannya, dia berpendapat bahwa dalam  membangun kota itu punya rumus.


"Rumusnya adalah, membangun kota tidak mungkin lewat pemerintah, melainkan harus lewat masyarakat. Membangun sebuah masyarakat, ternyata titiknya harus lewat keluarga, intinya adalah orang tua dan anak, maka muncullah istilah Jagai Anak ta'," ungkap Danny.


Maka dari itu kata Danny, pada saat safari ramdhan bulan puasa, dia selalu menyampaikan cuma dua slogan yakni, Jagai Anak ta' dan Jagai Kota ta" .


"Karena kalau kita jaga anak, pasti kita jaga keluarga, kalau jaga keluarga, pasti otomatis kita menjaga kota. Intinya membangun kota, kalau bisa kita menjaga anak ," jelas Danny.


Sementara pendiri yayasan Hidayatullah, Abdul Aziz Qahar Mudzakkar mengapresiasi Wali Kota Danny hadir dalam acara Walimatul Ursy ini.


"Ini karunia yang sangat besar, ditengah kesibukan beliau menyempatkan menghadiri langsung untuk mendoakan kepada para mempelai," terangnya.(*).




Jumat, 24 Juni 2022

Ketua DPC Asosiasi Advokat Indonesia Berharap Dapat Bersinergi



Nuansa Terkini Makassar, - Walikota Makassar Danny Pomanto gelar kegiatan dinner untuk para Peserta Musyawarah Nasional VI  Asosiasi Advokat Indonesia (AIA), kegiatan tersebut berlangsung selmaa tiga hari di Anjungan Pantai Losari. Acara tersebut di hadiri sekitar 400 orang dari 38 DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AIA). Jumat (24/6/2022).


Ketua DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AIA) Asman Husna, S.H,.MH. saat di konfirmasi mengatakan  bahwa pertama  ia merasa bangga dan berterima kasih kepada Walikota Makassar, yang telah memfasilitasi peserta Asosiasi Advokat Indonesia (AIA). 


"Kedatangan  kita di acara Musyawarah Nasional Asosiasi Advokat Indonesia (AIA), di 38 DPC seluruh Indonesia. Tentu sangat membanggakan buat makassar, karena dengan ikon yang di perlihatkan ini teman - teman seluruh Indonesia. Bisa melihat di makassar ini rupanya sangat maju,"ungkap Asman.

  

Dia berharap agar kedepan organisasi - organisasi  yang ada di Indonesia, khususnya organisasi Asosiasi Advokat Indonesia (AIA). Dapat bersinergi sehingga makassar dapat dilihat oleh Peserta Musyawarah Nasional VI Asosiasi Advokat Indonesia (AIA).


"Sama tadi dengan  teman yang naik nyanyi dari Jember, akhirnya menyatu dengan peserta Asosiasi Advokat Indonesia (AIA). Dengan adanya kegiatan seperti ini mereka dapat melihat bahwa rupanya Makassar ini hebat ya,"jelasnya. (Ln).



Pelatihan Pengawasan Nilai Gizi Pada Kader PKK se Kota Makassar

 




Nuansa Terkini Makassar, - Tim Penggerak PKK Kota Makassar, gelar pelatihan pengawasan nilai gizi, yang diikuti oleh kader PKK se Kota Makassar.


Pelatihan ini merupakan program kerja dari Pokja IV TP PKK Kota Makassar, guna peningkatan nilai gizi keluarga untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.


Pelatihan digelar di ruang Siapakatau, kantor Balaikota, Jumat (24/06/2022), dan dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail.


Dalam sambutannya, ibu Indira menyampaikan harapannya, agar melalui pelatihan ini, dapat terlihat output nyata, seperti perubahan pada tumbuh kembang anak-anak, menurunnya angka stunting, serta semakin sejahteranya keluarga.


Menurutnya, kepedulian akan rumah tangga, kebersihan lingkungan, juga menjadi salah satu faktor penting dalam upaya peningkatan taraf kesehatan dan kesejahteraan.


Untuk itu, diharapkan seluruh kader PKK, dapat bergerak massif di wilayah masing-masing, untuk memberikan pencerahan guna peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya memahami nilai gizi yang dikonsumsi di keluarga masing-masing. (*).




Danny Pomanto Jamu Duta Besar Perancis, Sajikan Kuliner Khas dan Kenalkan Makassar F8

 



Nunasa Terkini Makassar,- Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto menjamu Duta Besar Perancis Olivier Chambard beserta rombongan di kediaman pribadinya Jalan Amirullah Makassar, Kamis (23/6/2022).


Danny menjamu tamu kehormatannya dengan sajian beberapa kuliner khas Makassar yang di ramu menggunakan rempah pilihan.


“Mengenalkan Makassar tentu salah satunya dari kulinernya. Nah malam ini karena kehormatan Duta Besar Perancis bertandang di sini,makanya kami hadirkan kuliner khas yang tidak di temukan di daerah lainnya”,ungkap Danny.


Makan malam bersama yang juga turut di hadiri Konsuler Kehormatan Perancis di Makassar Prof Ambo Tuwe berjalan hangat dan penuh keakraban.


Di tengah penjamuan, Danny Pomanto juga turut mengenalkan Makassar F8 (Festival Delapan) dimana sebuah event besar yang menggabungkan beberapa program dan di hadiri oleh peserta lokal maupun mancanegara.


“Kami punya event namanya Makassar F8. Event ini sukses bertahan di 10 besar event akbar se-Indonesia dengan predikat yang memuaskan. Sosial budaya, keberagaman, serta banyak hal di gabungkan dalam pagelaran tersebut. Perancis juga pernah mengambil bagian dalam kegiatan tersebut”,jelasnya kemudian.


Tak ingin kalah dengan Wali Kota Makassar, Duta Besar Perancis Olivier memuji kehangatan masyarakat Makassar dan berharap selanjutnya akan ada kerjasama berlanjut antara Makassar-Perancis.


“Kami bangga dan bahagia di terima baik di sini. Makassar kota yang ramah dan makanannya unik. Semoga ada banyak kerja sama yang terjalin sehingga hubungan persahabatan ini dapat terus terjalin”,papar Olivier.(*).




Para Peserta Rally Wisata Sulsel Dijamu Wali Kota Makassar dalam Welcome Dinner

 


Nuansa Terkini Makassar,  - Para peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Benteng Kupa Wisata Rally Sulsel dijamu oleh Walikota Makassar, Danny Pomanto dalam Welcome Dinner yang berlangsung Rujab Angin, Rumah Jabatan Walikota Makassar, Jumat malam (24/06/2022).


Danny Pomanto dalam acara itu menyampaikan bahwa dirinya juga sangat cinta dengan olahraga otomotif dan dulu sering ikut event otomotif seperti Rally Wisata.


"Saya ini pecinta olah raga otomotif juga. Dulu Saya sering ikut lomba, bentuk kecintaan saya dan ingin memajukan olahraga otomotif saya akan bangun sirkuit di Makassar," kata Danny yang disambut tepuk tangan.


Seperti diketahui pembangunan sirkuit balap di Salodong, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya mulai berjalan tahun lalu untuk penimbunannya.


Danny mengatakan soal olahraga dirinya memberi reward Presetasi itu persebatan.


"Terima kasih,  Selamat bertanding bagi saya soal olahraga saya memberi  reward presetasi itu persahabatan. peduliki salamaki, anda peduli anda selamat," ucap Danny.


Sementara itu Ridwan Djabir, Pembina Benteng Kupa Sport Team selaku penyelenggara event dari Ikatan Motor Indonesia menyampaikan terima kasihnya kepada walikota Makassar, Danny Pomanto atas dukungan dan suppornya atas kegiatan ini.


"Saya memewakili panitia, menyampaikan terima kasih banyak Pak Wali, telah banyak membantu kami dengan kegiatan Rally Wisata ini," ucap pria yang akrab disapa Dino itu.


Sebelum Welcome Dinner para pereli ini telah mengikuti pelepasan start opening ceremoni di Anjungan Pantai Losari Makassar. 


Kejuaraan ini berlangsung

selama dua hari Etape Pertama, Sabtu  (25/06/) Rute Start Pantai Losari Makassar - Maros - Pangkep dan Etape Kedua, Minggu (26/06/) Rute Start Pantai Losari Makassar - Gowa - Takalar.(*).

Kadis Pariwisata Menghadiri Acara PRKM Pekan Raya 2022




Nuansa Terkini Makassar, - Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar menghadiri acara PRKM Pekan Raya 2022 Kota Makassar bertempat di Celebes Convention Center, Jumat (24/6/2022) .

 

Acara ini di selenggarakan mulai dari tanggal 24 juni s/d 3 Juli 2022 


Dalam rangka upaya bersinergi dengan pemerintah serta program utama memulihkan ekonomi rakyat  dengan mengangkat tema “Meningkatkan Ekonomi Rakyat”. 


Adapun lomba yang di selenggarakan di acara tersebut antara lain: Lomba MUA,  lomba mewarnai anak, kontes becak, kontes motor & freestyle. Dan di ramaikan dengan penampilan fashion show, tari tradisional, lighting show, pentas seni, fireworks, festival dangdut, festival musik dan lain-lain. 


Kegiatan ini pun menjadi bentuk bangkit. Pariwisata di kota makassar Melalui sektor ekonomi kreatif terkhusus UMKM - UMKM yang ada di kota makassar. (*).




Kadis Pariwisata Makassar Mendukung Para Pekerja Kreatif



Nuansa Terkini Makassar, - Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar  menjadi Narasumber Talkshow Bincang Kreatif Festival di iRadio Makassar, jum'at 24 Juni 2022 


Pada Kesempatan ini Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar membahas tentang kegiatan Kreatif Festival yang akan berlangsung besok sabtu - minggu tgl 25-26 Juni 2022 di Fort Rotterdam Makassar 


Dengan mengangkat tema "ciptakan kolaborasi kreatif dalam peningkatan ekonomi kreatif" ini juga sejalan dengan program visi misi Walikota Makassar untuk menjadikan Kota Makassar srbagai pusat kegiatan Festival dan MICE. 


Dinas pariwisata kota makassar akan memberi dukungan untuk para enterpreneur sehingga menciptakan 1000 enterpreneur dengan UMKM baru di kota makassar, serta mendukung para pekerja kreatif di Kota Makassar. (*).

Kadis Pariwisata Makassar Menerima Rombongan Peserta Lokus Studi




Nuansa Terkini Makassar, - Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, menerima peserta Lokus Studi Lapangan Peserta PKA (Pelatihan Kepemimpinan Administrator) Angkatan II Provinsi Papua Barat, Jumat (24/6/2022).

Saat menerima rombongan peserta Lokus Studi di  Kantor Dinas Pariwisata Kota Makassar, selain memperkenalkan aplikasi Tourism Makassar, Muhammad Roem juga menyampaikan berbagai program Dinas Pariwisata Kota Makassar pada 2022, diantaranya event F8 yang akan dilaksanakan pada September 2022 mendatang.

Kadis Pariwisata Kota Makassar mengatakan sejak dahulu terkenal di Kawasan Timur Indonesia mulai dari kebudayaan, perdagangan, keagamaan, kuliner dan sebagainya. Untuk itu, dibuat  aplikasi khusus yang dapat mengenalkan Kota Makassar secara mendasar, terdiri dari objek wisata, kuliner, hotel, serta oleh-oleh di Kota Makassar yang terdiri dari detail, peta, komentar, promo dan galeri. 

“Aplikasi Tourism Makassar ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan, merupakan aplikasi yang menghimpun semua data pariwisata Kota Makassar. Mulai dari destinasi berbagai pilihan jenis wisata, beragam transportasi, termasuk alternatif akomodasi yang dihadirkan secara digital sebagai bentuk pengembangan Makassar menuju Smart City sesuai dengan program Pemerintah Kota,” kata Roem.

Terkait event F8 yang kembali akan digelar tahun ini, Roem mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diminati masyarakat, termasuk wisatawan mancanegara.

Festival ini menampilkan delapan kategori pertunjukan. Mulai dari fashion, folks, fine art, food and fruit, fusion music, fiction writer, film, flora dan fauna.

“Intinya, banyak hal yang akan digabungkan dalam pagelaran tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh, Roem mengharapkan, setelah dilaksanakan studi lapangan, Peserta PKA Angkatan II Provinsi Papua Barat dapat mengimplementasikan metode- metode serta berinovasi dalam pengembangan Kepariwisataan dan Ekonomi kreatif daerahnya, apalagi Papua Barat yang terkenal dengan Raja Ampat yang merupakan penghasil Mutiara dan Rumput Laut.

Sementara Ketua Kelompok PKA Angkatan II Provinsi Papua Barat, Fentje Bonggoibo mengatakan, kegiatan dalam bentuk studi lapangan ini bisa memberikan berbagai inovasi yang dapat diaplikasikan di daerahnya.

“Kami juga sangat mengapresiasi inovasi Dinas Pariwisata Kota Makassar, khususnya melalui aplikasi tourism makassar, yang dapat memberikan informasi secara jelas dan mendasar tentang potensi wisata daerahnya,” kata  Fentje Bonggoibo. (*).

Kamis, 23 Juni 2022

Jamin Kualitas Daging Aman Sehat Utuh Halal, PD RPH Makassar Sosialisasikan Perwali No 9 Tahun 2022

 



Nuansa Terkini Makassar, ~ Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) menggelar sosialisasi Peraturan Walikota (Perwali) No. 9 tahun 2022, digelar di ruang Sipakalebbi. Lantai ll Kantor Balaikota Makassar. Kamis (23/6/2022).


Dalam Perwali ini menjelaskan tentang penjaminan kualitas daging Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH) yang layak dikomsumsi oleh masyarakat.


Sosialisasi diselenggarakan bertujuan, memberikan pemahaman kepada pihak terkait, utamanya kepala pasar, camat kebawah, tentang peredaran daging yang  sehat.


"Dengan sosialisasi ini, Informasi cepat terserap di masyarakat, khususnya bagi pedagang daging. Perwali diterbitkan Walikota untuk mengantisipasi penyebaran penyakit hewan yang bisa mengancam manusia, hewan, dan lingkungan," ucap Sekkot Makassar M. Ansar saat memberikan sambutannya.


Dia juga meminta para camat, menata penjual hewan qurban diwilayahnya menjelang hari raya qurban, agar tidak menimbulkan kesemrawutan dan menganggu lingkungan.


"Para Camat dan Lurah sudah harus menentukan titik lokasi penampungan hewan tujuannya agar tidak sampai menimbulkan kesemrawutan," ujar Sekda.


Penjabat Direksi PD RPH Syafrullah mengatakan, sosialisasi ini melibatkan stakeholder pengawasan dan instansi terkait.


"Kita undang para camat, Satpol PP, dinas kesehatan dan DP2, serta kepala pasar, agar penerapan Perwali ini, dapat berjalan secara maksimal hingga ke bawah," jelasnya.


Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Evy Aprialti yang tampil sebagai narasumber mengatakan, pihaknya melakukan pembinaan dan pengawasan sesuai tupoksinya menjaga kualitas daging.


"Ini mencakup semua tata cara apa yang dilakukan, sesuai syarat administrasi serta dokumen hewan, bagaimana menjamin kualitas daging yang ASUH dengan menggunakan laboratorium di Tamalate serta mobil keliling meat care, yang diterjunkan ke pasar- pasar, ini rutin kami lakukan menjelang Idul Qurban," jelasnya.


Evy juga menghimbau masyarakat agar tidak ragu mendatangi RPH untuk datang memotong hewannya, karena RPH telah mendapat sertifikasi halal dari MUI.


"Prosedur pemotongan hewan melalui juru sembelih hewan di RPH telah memenuhi standar halal, dan sudah sesuai syariat Islam karena telah mendapat pengakuan dan dipantau MUI," jelasnya.(*).




Fathur Rahman Edukasi Kearsipan Kelompok Masyarakat di Lorong Wisata Makassar

 



Nuansa Terkini Makassar, -  Kepala Dinas Kearsipan Kota Makassar Fathur Rahman terus menggiatkan berbagai upaya dalam menyukseskan program pemerintah Lorong Wisata (Longwis). Salah satunya dengan melakukan pembinaan dan edukasi pada kelompok masyarakat di Lorong Wisata sektor kearsipan.


Dalam hal kearsipan, Fathur mengatakan agar masyarakat senantiasa tetap mengikuti tatacara dan aturan  penyimpanan kearsipan. Karena, arsip memiliki bagian penting yang harus mendapat tempat terbaik, terutama dokumen pentingnya.


"Harapan kita agar seluru peserta yang mengikuti menjadi narahubung (menyebarkan ilmu kearsipan) yang didapat, untuk dikembangkan pembinaaanya terkhusus kelompok mayarakat, tokoh dan pemegang dokumen penting di seluruh RT/RW," kata Fatur saat membuka Bina Arsip Kelompok Masyarakat Kelurahan Lariang Bangngi bertajuk Edukasi Kearsipan Kelompok Masyarakat di Lorong Wisata Kota Makassar, Kamis (23/6).


Hadir dalam kegiatan ini Asisten 2 Rusmayani Madjid, Camat Makassar Akbar Yusuf, dan tokoh LPM dan RT/ RW setempat.


Fathur mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar seluruh elemen di kota Makassar bisa secara bersama menjaga kearsipan dan mendokumenkannya dengan baik.


Selain itu agar arsip terpelihara dengan baik, teratur dan aman, serta terjaga kelestariannya, sehingga dapat menyelamatkan pertannggung jawaban perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan kegiatan kemasyarakatan dan mudah ditemukan kembali saat dibutuhkan.


"Saatnya masyarakat sebagai garda terdepan, tokoh, dan lembaga di tingkat lorong memulai administrasi yang baik dengan menjaga arsip pada lorong wisata, kelurahan dan kecamatan," ucap mantan Kadis Perumahan kota Makassar ini.


"Tahun ini dinas kita akan lebih giat dari tingkat terkecil dari RT/ RW, LPM, terkhusus pada lorong wisata melakukan tertib arsip," tambahnya.


Fathur berharap kedepan masyarakat bisa bersama dalam menyukseskan program pemerintah terkhusus kegiatan Longwis dari sektor kearsipan. (*).