Selasa, 31 Januari 2023

Terkendala Regulasi, DLHK Bantaeng “Mandul” Hadapi Tambang Ilegal

Tags


Nuansa Terkini Bantaeng, -  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bantaeng nampaknya dibuat "Mandul" dalam menghadapi tambang ilegal yang ada di Kabupaten Bantaeng. Padahal keberadaan tambang ilegal membuat rusak kondisi alam di Bantaeng.


Data yang diperoleh, terdapat belasan tambang yang tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Bantaeng. Salah satunya seperti aktivitas penambangan pasir dan batu di sungai Batu Doli, Desa Barua, Kecamatan Eremerasa. meski belum memiliki izin namun tetap ngotot untuk melakukan penambangan. 


Untuk diketahui, bulan Maret 2019 lalu, aktivitas tambang ini sempat dihentikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantaeng lantaran membuat kebun warga yang ada dipinggiran sungai longsor. Namun beberapa pekan terakhir, penambangan milih pengusaha berinisial S ini kembali dibuka.


Bukan hanya longsor, banyak lubang sisa galian di sungai yang cukup dalam ditinggalkan oleh alat berat. Tak ada normalisasi yang dilakukan. Lubang di tengah sungai menganga dengan kedalaman berkisar 3 sampai 5 meter.


Kejadian buruk terjadi akibat lubang itu. November 2019 lalu, lubang sisa galian yang ada ditengah sungai membuat dua orang remaja perempuan yang hendak mencuci pakaian meninggal saat itu. Umur dua remaja tersebut masing-masing 14 dan 19 tahun. (*).