Sabtu, 21 Juli 2018

Jelang Keberangkatan, Karu Karom JCH Maros Dibekali

Tags

Nuansa Terkini.net Maros  - Musim Haji Tahun 2018 sudah dimulai. Khusus Embarkasi Makassar (Upg) yang diisi JCH dari 8 Provinsi di wilayah timur Indonesia sejak tanggak 17 Juli 2018 sudah diberangkatkan ke Tanah suci.

JCH Kab. Maros tahun ini yang berjumlah 316 orang terbagi dalam 2 Kloter yakni Kloter 14 gabung dengan JCH asal Prov. Papua Barat dan Kloter 33 gabung dengan JCH dari Kab. Bone.

Setelah sebelumnya melaksanakan Manasik Terpadu tingkat Kabupaten Maros selama 4 hari dan Manasik Di tingkat Kecamatan selama 8 kali, hari ini (Sabtu, 21 Juli 2018) Kemenag Maros melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Menggelar Kegiatan Pembekalan bagi seluruh Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) yang jumlahnya sebanyak 35 orang.

" Acara yang digelar di Aula Kantor Kemenag Lama di Kota Maros ini bertujuan untuk memberikan pembekalan baik wawasan maupun tugas pokok dan fungsi Karu Karom yang tujuannya utamanya agar proses pelaksanaan ibadah haji di tanah suci bisa berjalan tertib, lancar dan tetap solid, " ucap Mawardi selaku ketua Kloter 14.

Kegiatan diatas dilaksanakan selama 2 hari (tgl 21 - 22 Juli 2018)  diisi oleh Nara Sumber dari Kemenag Maros, Ketua MUI dan Petugas Kloter 14 dan 33.

Acara yang dibuka oleh Kasubag TU Kemenag Maros H.M. Sunusi ini materinya lebih difokuskan pada Mekanisme Pelaksanaan Tugas Dalam Kloter serta peran Ketua Regu dan Ketua Rombongan di sejumlah lokus seperti saat di Asrama Haji, di Pesawat, saat Tiba di Bandara Saudi, di Pemondokan, Arafah Mina, dan saat kepulangan.

" Para Karu Karom sangat besar peran dan fungsinya dalam memberikan kelancaran pelaksanaan Ibadah Haji khususnya dalam membantu petugas kloter mengantar JCH meraih haji Mabrur. Salah satu kunci kesuksesan pelaksanaan Haji khususnya di Kloter adalah ketika antara Petugas Kloter, Karu Karom bisa bersinergi dengan baik, " ujar Mawardi.

Pada Kloter 14  asal maros yang berjumlah 181 orang JCH yang masuk pada pemberangkatan gelombang pertama  rencananya akan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar pada hari Rabu sore tgl 25 Juli 2018, dan akan diterbangkan ke Madinah pada hari Kamis, tgl 26 Juli 2018. (*)

Editor | Nuansa Terkini.net | Dina