Rabu, 20 November 2019

Empat Kabupaten di Sulsel Menerima Program Pengembangan Holtikultura

Tags


Nuansa Terkini Makassar, - Tahun 2020, khusus untuk Bidang Hortikultura di Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Sulawesi Selatan akan dilakukan pengembangan besar-besaran khusus untuk komoditas buah-buahan seperti jeruk, durian dan mangga. Rabu (20/11/2019).

 Menurut Kepala Bidang Holtikultura Ir.H.Suaib. P. M. P di Dinas  Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Tahun 2020 melalu Dirjen Hortikultura, Sulawesi Selatan akan menerima Anggaran untuk pengembangan buah-buahan yang akan difokuskan pada daerah sentra produksi, dan yang hebatnya kawasan pengembangan itu semakin diperluas dan dalam pengelolaannya semua ditanggung oleh APBN dan proyek raksasa ini akan berjalan selama lima tahun ke depan.

 H.Suaib mengungkapkan, Kabupaten Selayar sebagai sentra penghasil buah jeruk yang terkenal manis, itu akan dikembangkan budidaya jeruk Selayar seluas 100 hektare,, dan difokuskan untuk mengembalikan kembali kejayaan jeruk Selayar dengan menggunakan bibit jeruk asli dari Selanjutnya buah durian akan dikembangkan besar-besaran di Kabupaten Palopo 150 hektare dan Luwu Utara 150 hektare, dan kedua daerah ini memang dari dulu terkenal sebagai sentra penghasil buah durian.


Untuk buah mangga dipusatkan di Kabupaten Soppeng seluas 200 hektare. Dalam waktu dekat ini diharapkan akan ada MoU antara keempat  Kabupaten itu dengan Dirjen Hortikultura sehingga program pengembangan buah-buahan pada daerah sentra produksi dapat segera berjalan lancar dan sukses.

Sementara, untuk komoditas bawang putih masih juga ditingkatkan dengan adanya rencana peningkatan perluasan pengembangan seluas 300 hektare yang dipusatkan di Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Bantaeng. Pengembangan bawang putih di tahun 2020 dilakukan dengan harapan tahun 2021 nanti akan dapat mengurangi impor dan bila perlu bisa eksport. (Ln/Denys).