Sabtu, 30 Juli 2022

Kapolsek Pannakkukang : Untuk Menjadi Sinergi Tiga Pilar Babinkantibmas, Babinsa dan Lurah

Tags




Nuansa Terkini Makassar, - Kapolsek Pannakkukang Kompol Abdul Azis, SH, M.Si. saat di temui di ruangannya Jl Pengayoman mengatakan bahwa ia menjabat sebagai Kapolsek sudah empat bulan untuk jumlah tahanan sekitar sepuluh lebih, tahanan tersebut ada juga titipan kejaksaan. Adapun kasus yang ada di Polsek Pannakkukang yaitu kasus pencurian. Jumat (29/7)2022).


Untuk kasus perkelahian tidak ada selama Abdul Azis sebagai Kapolsek, sebelumnya di Kelurahan Pampang sering terjadi perkelahian kelompok. Sekarang tidak lagi karena sudah diamankan oleh polisi dari Polsek Pannakkukang. 


"Kalau perkelahian dibawa umur sebisa mungkin kita Restorative Justice selesaikan semua panggil kedua belah pihak, kalau memang kedua belah pihak  sepakat untuk kita bantu   menfasilitasi  di damaikan. Kemudian kita lihat juga kalau memang perkelahian  biasa kita damaikan, kecuali  kemarin kasus Joli perempuan yang di pukul di hotel. Itu di bawah umur satu kita lanjut kalau dibawah umur kita titip, kita cuma menegakkan pasal," ujar Abdul Azis.


Selain itu, untuk tahanan Polsek Pannakkukang di berikan pemahaman. Disamping meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa bagi yang beragama Islam, tahanan tersebut di berikan motivasi jangan sampai dia masuk lagi ke Polsek Pannakkukang. Dengan  pelanggaran yang sama.


"Kita itu  di Polsek Pannakkukang upaya - upaya yang dilakukan menekan  tinggj angka kriminal yang pertama  Babinkantibmas  kita kedepankan,  untuk menjadi sinergi tiga pilar kebawa Babinkantibmas, Babinsa dengan Lurah. Termasuk tokoh masyarakat  namun secara umum kita libatkan semua  dan saya rutin itu minimal  satu kali satu minggu, dengan tripika  mengumpulkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda  semuanya dibawah kita kumpulkan," ungkapnya.


Polsek Pannakkukang membuat poskamling disetiap kelurahan  yang jumlahnya sekitar 36 poskamling  yaitu di Kelurahan Tamamaung 8 poskamling, Kelurahan Karuwisi Utara 3 poskamling, Kelurahan Karuwisi 3 poskamling, Kelurahan Pampang 2 poskamling, Kelurahan Sinri Jala 3, Kelurahan Paropo  4 poskamling.


"Kita minimal sekali seminggu  biasa lebih kita ke mesjid memberikan arahan,  edukasi  kepada masyarakat  kesekolah SMA khususnya  sosialisasi supaya tidak terjadi perang  yang melanggar hukum lah,"katanya.  


Dia berharap khususnya wilayah Polsek Pannakkukang, wilayah Makassar. Aman dan tentram. Agar tidak ada kejadian yang bisa menghambat aktifitas masyarakat, khususnya wilayah Pannakkukang.


"Kita mau kondusif  ini tentunya tidak lepas dari peran masyarakat  semua lini,  karena kalau polisi saja menjaga keamanan itu terbatas.  Bisa kondusif seratus persen kalau polisi kerjasama dengan masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah Polsek Pannakkukang,"urainya. (Ln).