Senin, 13 Februari 2023

Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kementerian Hukum dan HAM Sulse Memimpin Tim Layanan Apostille AHU

Tags


Nuansa Terkini Bantaeng, -  Selama tiga hari lamanya, tepatnya dari tanggal 9-11 Februari 2022, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Mohammmad Yani memimpin tim laksanakan Penyebarluasan Informasi Layanan Apostille Adminstrasi Hukum Umum (AHU) ke Pemerintah Daerah, tepatnya pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Kebudayaan dan Dinas Penanaman  Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng

Tim Penyebarluasan Informasi Layanan Apostille ini beranggotakan 3 orang yakni  Santi Puspitasari , Syaiful Gazali dan Kiki Rezki Amalia yang merupakan pelaksana Pada Subbidang AHU Kantor Wilayah sebagai Anggota. Keberangkatan tim ke Bantaeng berdasarkan perintah Kakanwil, Liberti Sitinjak untuk memaksimalkan layanan AHU di Wilayah.

Pada Instansi tersebut, Mohammad Yani beserta rombongan memaparkan terkait Apostille yang merupakan pengesahan tanda tangan pejabat, pengesahan cap, dan atau segel resmi dalam suatu dokumen publik melalui pencocokan dengan spesimen melalui satu instansi yaitu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

“Jadi melalui layanan Apostille, Kemenkumham telah memangkas proses legalisasi dokumen,” ujar Yani

Menurut Yani, saat ini pemerintah melalui Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 pada tanggal 5 Januari 2021 dan membuat Indonesia bergabung menjadi negara Konvensi Apostille pada tanggal 5 Oktober 2021.

"Apostille merupakan hasil dari disahkannya Convention of Abolishing the Requirement of Legalisation for Foreign Public Documents (Konvensi Apostille), 5 october 1961. Kemudahan satu langkah penerbitan Sertifikat Apostille dapat langsung digunakan di 121 Negara Pihak Konvensi Apostille dan dapat mendukung lalu lintas dokumen publik antarnegara menjadi lebih cepat," terang Yani.

Lebih lanjut, yani menyampaikan bahwa dokumen yang dapat diajukan dalam Apostille mencakup 66 jenis dokumen publik yang menjadi standar dalam pengajuan visa diantaranya dokumen pernikahan, persyaratan pendidikan serta dokumen publik lainnya. 

“Saat ini, Apostille dapat di akses secara online melalui laman apostille.ahu.go.id,” pesan yani menutup enyampaiannya

Pada instansi yang dikunjungi, Mohammad Yani dan tim diterima oleh Ibu Sudarniati, S.Pd selaku Kasubag Kepegawaian Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kab. Bantaeng.  Ia menyampaikan, menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan terkait Permendagri 104 tahun 2019, maka Dukcapil Kabupaten Bantaeng dalam Pendokumentasian Administrasi Kependudukan semua sudah berbasis digital dan ditandatangani secara elektronik, hanya dokumen lama saja sebelum Permendagri ini diberlakukan yang masih memerlukan legalisir tandatangan dan stempel basah.

Namun ia berharap pula jika sistem digitalisasi di kementerian/Lembaga Pemerintah yang telah ada saat ini mampu terintegrasi sehingga lebih efisien di manfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu, tim kanwil di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ditemui Kasubag Kepegawaian,  Nurhaedah Lapang.  Dimana Pihaknya menyambut baik kehadiran Apostille

pada sistem Layanan AHU kementerian Hukum dan Hak Asasi Republik Indonesia dalam rangka memangkas Birokrasi Legalisasi dokumen yang pasti sangat membantu masyarakat Kabupaten Bantaeng  dalam melakukan aktifitasnya di luar negeri.   

Pada akhirnya, tim meminta kesediaan Disdik untuk berkolaborasi dan menjadi agen penyebar informasi, bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan di Luar Negeri wajib melakukan Legalisasi Apostille terhadap Ijazah dan Transkrip nilai, hal ini dipersyaratkan oleh negara yang tergabung dalam konvensi Apostille.