Kamis, 06 April 2023

DPRD Makassar Helat Diskusi Publik Bertajuk Sinergitas Media dan Legislatif

Tags



Nuansa Terkini Makassar, - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menggelar diskusi bertajuk sinergitas media dan legislatif.

Pelaksana oleh Bagian Humas dan Protokol Dewan dengan menghadirkan perwakilan media di Hotel Claro, Senin (20/02/2023).

Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo yang membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, menyampaikan legislatif mempunyai banyak kegiatan kedewanan, dalam setahun ada empat.

“DPRD hari ini ada empat kegiatan, pertama konsultasi publik, reses, sosialisasi peraturan daerah, dan kunjungan dapil, yang mana anggota DPRD Kota Makassar bisa bertemu dengan konstituen,” ujarnya.

Diketahui, era digitalisasi saat ini tentu membuat kehidupan masyarakat membutuhkan informasi lewat jejaring sosial terkait bagiaman fungsi wakil rakyat.


Khususnya dalam menjalankan fungsi-fungsi kedewanan dan bagaimana para anggota dewan menyerap serta mengawal aspirasi masyarakat selama ini.


TTantangan tersebut membutuhkan dukungan media agar tiga fungsi yang dimiliki anggota dewan yaitu fungsi penganggaran, pengawasan dan legislasi atau membuat undang-undang.


“Karena itulah kita gelar ini, agar setiap program dan fungsi yang dijalankan anggota dewan bisa langsung tersampaikan ke masyarakat,” tutup Rudianto. 

Olehnya, dia menekankan peran media sangat strategis bagi DPRD Kota Makassar secara kelembagaan dan masyarakat yang butuh informasi atas kerja yang dilakukan anggota dewan.

“Saya selalu menganalogikan kegiatan legislatif tanpa pemberitaan media itu bagaikan makan tanpa minum. Begitu pentingnya bersinergi dengan pers, apalagi di era digital,” ungkap Legislator Nasdem dua periode ini.

Diskusi juga menghadirkan narasumber Pemerhati Media Sukriansyah Latif dan Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ismawaty Nur.