Selasa, 08 September 2020

Direktur Operasional PD. Pasar Makassar : Setiap Pasar Wajib Memiliki Satu Bank Sampah

Tags



Nuansa Terkini Makassar, - Kehadiran bank sampah terutama di Pasar Pasar, kini sampah bukan lagi jadi masalah. Dan kini sampah bisa bernilai ekonomi. Salah satu contoh kehadiran Bank Sampah di Pasar Terong. Di samping dapat membantu mengatasi persoalan sampah, kini sudah bisa menikmati hasilnya dengan hasil penimbangan yang dilakukan siang tadi, Selasa (08-09-2020).

Kehadiran Bank Sampah yang diinisiasi oleh Yayasan Peduli Negeri (YPN) Makassar sangat dirasakan oleh pengelola pasar.

Ketua kordinator Bank Sampah PD Pasar, Asnawi mengatakan sangat bernilai positif dalam membangun kepedulian masyarakat sehingga dapat memanfaatkan sampah yang selama ini dianggap sebagai masalah menjadi bernilai sangat ekonomis.

" Alhamdulillah kami sudah mulai lagi melakukan penimbangan. sampah yang ada di bank sampah ini sudah dipilah menurut jenisnya sehingga sangat efektif mengurangi sampah yang kian hari semakin meningkat." ujarnya.

Dikatakan, Selama Corona kemarin sempat tertunda sehingga sampah tidak begitu terurus. Namun kini mulai lagi digalakkan dan hasilnya ada sekitar 39 kilo sampah plastik yang ditimbang.

Direktur Operasional PD Pasar Makassar, Saharuddin Ridwan menuturkan, bahwa Program 1 pasar 1 bank sampah adalah hal wajib yang disiapkan oleh jajaran kepala-kepala unit pasar di Makassar. Untuk menjadikan salah satu inovasi PD Pasar dalam mengurangi dan menangani sampah di dalam pasar.

“Kehadiran Bank Sampah Pasar memberikan hasil nyata bagi masyarakat utamanya pedagang dan memberi peluang atau penghasilan tambahan." ujarnya.

Penggagas Bank Sampah ini juga berharap agar pengembangan bank sampah ini nantinya harus menjadi wujud dalam menjaga kebersihan serta melestarikan lingkungan.

Penimbangan ini dilaksanakan oleh UPTD Bank Sampah Pusat dan didampingi oleh Kaur Kebersihan Pasar Terong, Arif Bijaksana dan Kepala unit Pasar Terong, Safaruddin.