Senin, 02 November 2020

117 Inovasi Unggulan Pemkot Makassar DiIkut Sertakan Dalam Innovation Goverment Award Kemendagri

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar,- Badan Penelitian dan pengembangan daerah (Balitbangda) Kota Makassar daftarkan 117 inovasi unggulan pemerintah Kota Makassar pada pemberian penghargaan Innovation Goverment Award (IGA) yang akan di gelar Kementrian Dalam Negeri pada bulan Desember mendatang.


Hal tersebut di utarakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar Nielma Palamba saat bertemu Pj  Walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin di lantai 11 Menara kantor Balaikota Makassar. Senin (2/11/2020).


"Kami melaporkan ke Prof Rudy terkait ke ikut sertaan Pemkot Makassar pada kegiatan pemberian penghargaan Inovasi Goverment Award, dimana kami telah melaporkan 117 inovasi unggulan pemerintah kota sudah diverifikasi langsung ke Menteri Dalam Negeri untuk ikut dalam IGA ini," ucap Nielma .


Menurutnya Inovasi yang dilaporkan Kemendagri haruslah inovasi pemerintah kota yang penerapannya dimulai sejak awal Januari 2017 hingga akhir Desember 2019 dan belum pernah diikutkan dalam kegiatan penilaian inovasi daerah sebelumnya.


"Bentuk inovasi yang dilaporkan meliputi Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Pelayanan Publik; dan berbagai Inovasi lainnya dari SKPD bersangkutan, nantinya hasil inovasi tersebut akan dipilih dua kluster untuk dijadikan inovasi unggulan," terang Nielma.


Sementara itu Pj Walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin menekankan keikutsertaan pemkot Makassar dalam IGA harus menonjolkan inovasi di bidang sektor Pariwisata dan Investasi.


"Bapak Presiden telah menekankan kebijakan ditingkat daerah untuk memajukan sektor pariwisata dan Investasi sebagai bentuk stimulan ekonomi untuk merangsang peningkatan pertumbuhan pendapatan ekonomi daerah, selain inovasi pelayan publik yang juga sangat penting bagi kebutuhan masyarakat," terang Prof Rudy.


Tahun ini pemerintah Kota Makassar masuk dalam nominasi tiga besar IGA dan akan bersaing dengan kota Palembang dan Jogja. Ketiga kota ini akan diberi kesempatan untuk bersaing mempersentasekan inovasi yang sangat menonjol di daerahnya masing masing.