Jumat, 31 Desember 2021

Kapal Pinisi Jadi Ikon Baru Wisata Pantai Losari di Makassar

Tags

 




Nuansa Terkini Makassar, 31-12-2021, - Berbicara tentang destinasi wisata di Kota Makassar, sepertinya tidak ada matinya. Ada banyak hal yg bisa dijadikan sebagai alternatif kunjungan oleh wisatawan di Kota Anging Mammirik ini. Salah satunya adalah Wisata Kapal Pinisi. 


Sebagaimana diketahui, Kapal Pinisi adalah merupakan Kapal Tradisional Suku Makassar yang sudah dikenal oleh mancanegara sejak abad ke-14. Kini Kapal Pinisi bukan lagi barang langka yang bisa ditemui, yang sifatnya eklusif. Tapi sudah bisa dinikmati oleh orang banyak. Pinisi Pusaka Indonesia (Pinisi.Id) misalnya, sudah banyak berbuat untuk melestarikan kapal yang dulunya hanya sebagai moda angkutan laut untuk rempah-rempah dan barang. Kini disulap menjadi Kapal Pesiar yang luar biasa yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Bukan hanya itu, ada banyak paket pilihan yang ditawarkan saat kita ingin menggunakan Kapal peninggalan nenek moyang kita itu. 


Salah seorang pengelola Pinisi. id Achmad Zulkarnaen mengatakan, paket program yang ditawarkan kepada pengunjung sangat beragam. Mulai dari harga Rp. 250.000 per orang hingga Jutaan Rupiah. Fasilitasnya antara lain:

- Kamar VIP

- Toilet 

- Live musik (Entertain) 

- Food and Beverage (F & B) 

- Snorkeling dan Diving

- Serta Jet Ski


"Berbagai aktivitas menarik bisa pengunjung lakukan di atas Kapal Pinisi. Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah. Kita juga menyediakan berbagai atraksi wisata yang menarik." Ujarnya. 


Dikatakan, sebelumnya Fungsinya jauh berbeda. Kini disulap menjadi Kapal Wisata yang diharapkan bisa menjadi Ikon baru di Kota Makassar. 


"Kami hanya meneruskan Nawacita dari Pinisi. Id, dengan mrmberikan pelayanan pada masyarakat umum. Sekaligus untuk mempertahankan peninggalan nenek moyang kita. " Terang Zulkarnaen. 


Sementara, Direksi Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulsel, Irham Samad mengatakan dengan hadirnya kembali Kapal Pinisi ini di Makassar, mereka berharap bisa membangkitkan kembali gairah kepariwisataan di Sulsel khususnya di Makassar. 


"Makassar ini kan merupakan pintu gerbang indonesia timur sehingga perlu adanya atraksi bagi para wisatawan yang berkunjung baik itu bersama keluarga maupun bisnis , dengan kehadiran pinisi.id wisata baru mengelilingi pantai losari dan pulau spermonde Makassar, bisa menjadi opsi trip liburan menarik. Apalagi kapal pinisi ini merupakan warisan tak benda asal sulawesi selatan bulukumba yang diakui unesco sejak tahun 2017." Ujarnya. 


Diketahui, Perahu Pinisi yang merupakan karya masyakarat Makassar ini tentu bisa menjadi destinasi dan inovasi yang layak dikembangkan untuk meningkatkan wisatawan khususnya wisata bahari di Makassar. Layaknya kapal pesiar pengguna Kapal Pinisi bisa digunakan para wisatawan ataupun perusahaan untuk menggelar berbagai kegiatan di atasnya, sembari menikmati garis pantai yang dikalim terpanjang kedua di dunia setelah pantai Brasil.


Nah, tunggu apalagi. Ayo buktikan suasana berbeda dalam menjelajahi pantai Losari dari luar dengan mengelilingi beberapa pulau disekitarnya. (*).