Jumat, 10 Juni 2022

Lepas 516 CJH, Danny Beri Pesan 3 Poin Penting

Tags


Nuansa Terkini Makassar, — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto secara resmi melakukan prosesi melepas  Calon Jamaah Haji (CJH) di Mesjid Raya, Jumat (10/6/22). 


Tahun ini Kementerian Agama Republik Indonesia memberangkatkan 516 CJH asal Makassar yang tergabung dalam 10  kelompok terbang (Kloter).


CJH Makassar masuk Asrama Haji Sudiang dan diberangkatkan pada  tanggal 16 Juni untuk kloter pertama. 


Dalam sambutannya, Danny menyampaikan tiga pesan penting yang harus CJH ingat. Poin pertama CJH harus menjaga fisik dan kesehatan. 


“Jangan pernah malas makan dan minum vitamin. Karena ibadah haji itu ibadah fisik. Jadi itu paling utama kesehatan sangat dan wajib diperhatikan. Cukup tidur dan jangan kecapean,” ucapnya.


Kedua, fokus untuk meningkatkan takwa dan tidak boleh bermain-main. Dikarenakan, ibadah haji adalah ibadah prosedural jadi jangan pernah ada hal atau syarat sekecil pun terlewatkan. 


Ketiga, ego sesama diturunkan. 

“Perhatian buat suami istri, anak dan orang tuanya. Kadang di uji di sana. Egonya diturunkan, disana itu kadang bertengkar gara-gara hal sepele. Jaga lisan dan tingkah laku,” pesannya. 


Karenanya, dari ketiga poin tersebut Danny berharap semua CJH menjalankan ibadah dengan khusyuk dan menjadi mabrur. 


“Saya doakan semua CJH sehat selama disana dan selamat sampai pulang ke Makassar,” harapnya.


Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera merah putih sebagi bendera nasional Indonesia dan penyematan baju batik seragam CJH. (*).