Kamis, 02 Februari 2023

Rencana Kelola Banjir Jadi Air Baku Belum Jelas


Nuansa Terkini Bantaeng, - Rencana pengelolaan banjir menjadi air baku untuk kebutuhan industri dan pertanian di Bantaeng, masih sebatas teoritis alias belum jelas.

Menurut Kabid Pengairan Dinas PUPR Bantaeng, Supedi, Rabu (1/2), Focus Discussion Group (FGD), Selasa (24/1) lalu, dilaksanakan Pemprov Sulsel bekerjasama Unhas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantaeng.

Dalam FGD tersebut, lanjut Supedi, dibahas tentang bagaimana memanfaatkan berkah dari Tuhan berupa hujan untuk kebaikan masyarakat Bantaeng.

Bahkan, kata dia, kajiannya bukan hanya untuk irigasi pertanian dan industri, tapi bagaimana banjir bisa diolah menjadi air bersih untuk dikonsumsi.

Terkait teknis pelaksanaannya di lapangan, Kabid mengatakan, menunggu arahan dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang. “Belum ada, karena akan ditindak lanjuti dengan Single Investor Identification (SID)”, terangnya.

Kepala Bappeda Bantaeng, Dimiati Nongpa, mengatakan, pihaknya belum bisa berkomentar banyak mengenai rencana tersebut. “Untuk lebih jelasnya, silahkan ke Dinas PU”, ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, FGD yang digelar Dinas PUPR, menghasilkan rumusan bagaimana mengelola banjir menjadi air baku untuk dimanfaatkan di dunia insdustri dan pertanian. (*).