Selasa, 07 Maret 2023

Bappelitbangda Sulsel Menyampaikan Bantaeng adalah Daerah Tercepat Pertumbuhan Ekonominya

Tags


Nuansa Terkini  Bantaeng, - Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulawesi Selatan, Junaedy menyebutkan, bahwa Kabupaten Bantaeng salah satu daerah yang paling tercepat pertumbuhan ekonominya.

Hal ini menurutnya tak terlepas dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng di bawah kepemimpinan Bupati Dr. H. Ilham Azikin dan Wakil Bupati Drs. H. Sahabuddin, yang mampu mendorong potensi Daerah di berbagai sektor.

Dengan laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng, meningkat 15,45 persen dibandingkan dengan daerah lain di Sulawesi Selatan.

“Selain itu, dia juga berhasil menekan angka ketimpangan pendapatan (gini ratio). Sehingga kesenjangan pendapatan bisa diminimalisir dengan baik,” kata Junaedy, Senin (06/03/2023).

Termasuk upaya pemerintah daerah yang tengah difokuskan dalan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis data P3KE, dengan tepat sasaran.

Maka dari itu, Pemprov Sulsel bakal jadikan Bantaeng, contoh bagi daerah lain, dalam percepatan pertumbuhan ekonomi.

“Dengan menggandeng Japan International Coorporation Agency (JICA) untuk bersama-sama mendorong daerah lain dalam menerapkan program perlindungan UMKM itu,” terangnya.

Junaedy pun berharap capaian ini bisa diakselerasi oleh daerah lainnya, sehingga ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel, secara keseluruhan.

“Pemprov bersama JICA tetap mengkampanyekan praktek baik ini (di daerah lain,red), kemudian kabupaten lain memformulasi sesuai kondisi masing-masing,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, bahwa ada 5 sektor unggulan yang berhasil menopang laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantaeng pada periode 2022. Kelima sektor tersebut.

Diantaranya, sektor Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Perkebunan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan sektor Industri. Namun yang paling banyak memberikan kontribusinya adalah sektor Pertanian. ***