Senin, 01 Mei 2023

Hari Jadi Jeneponto Berlangsung Meriah



Nuansa Terkini Jeneponto, -  Bertepatan dengan Hari Buruh Nasional, Kabupaten Jenneponto juga merayakan hari ulang tahunnya yang ke-153.

Momentum hari jadi Jeneponto tahun ini menjadi lebih spesial karena bertepatan dengan perayaan ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ke-66 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang ke-54.

Dalam upacara Hari Jadi Jeneponto ke-153, Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,M.H bertindak sebagai inspektur upacara.

Ddalam upacara perayaan ulang tahunnya, Bupati Jenneponto, Iksan Iskandar memaparkan perkembangan Jeneponto selama berada di bawah pimpinannya. Yakni, pembangunan di bidang pertanian dan perikanan tangkap, rumput laut, dan garam. Khususnya di bidang garam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto terus melakukan perkembangan seperti perluan area penggaraman yang sementara ini masih sekitar 600 H, dengan produksi garam 30.000 ton per tahun

"Saya juga mengharapkan dari Gubernur Sulsel untuk bantuan pengadaan mesin pengering dan penggiling padi. Karena rata-rata pengahasilan penduduk juga didapatkan di sektor pertanian". Jelas Bupati Jeneponto dalam sambutannya.

Sementara itu Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo mengatakan, upacara perayaan hari jadi Kabupaten Jeneponto kali ini menjadi upacara perayaan hari jadi terbesar di Sulawesi Selatan.

Salah satu hal yang mempengaruhi karena perayaan hari jadi tersebut dirangkaikan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

"Ini adalah upacara perayaan Hari Jadi Kabupaten terbesar yang pernah saya lihat di Sulawesi Selatan". kata Syahrul saat membuka sambutannya di Lapangan Parang Pasamaturukang Jenneponto.

Syahrul menambahkan, bahwa ada 4 hal yang berkesan di perayaan hari jadi Jeneponto tersebut, yaitu kemajuan, semangat, kemandirian, dan penuh kegairahan. Hal tersebut bisa terlihat dari kemakmuran rakyatnya yang juga bersinergi dengan pemerintah.

"Kemakmuran suatu daerah bisa diihat dari megahnya pembagunan tempat ibadah dan rumah penduduknya. Sementara kemandirian bisa dilihat karena Jeneponto bisa mengundang para bupati dan menyatukan perayaan HUT Satpol PP dan Linmas di upacara hari jadi Jeneponto".

"Selamat Ulang Tahun Jeneponto. Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin," pungkas Syahrul menutup sambutannya.