Jumat, 07 Desember 2018

EMBARKASI HAJI MAKASSAR BOYONG 4 PENGHARGAAN TERBAIK KPHI

Tags

Nuansa Terkini.net Makassar - Penyelenggaraan Haji Tahun 1439 H/2018 M merupakan moment tak terlupakan bagi Embarkasi Haji Makassar (UPG), karena Berkat Kerja keras dan kerjasama yang baik antar stake holder yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Komite Pengawas Haji Indonesia (KPHI) menganugerahkan Penghargaan KPHI Award sebagai Embarkasi Haji Terbaik (Kamila) I se Indonesia.

Bukan hanya itu, Embarkasi Makassar Juga berhasil memboyong KPHI Award Terbaik di 3 Kategori lainnya yaitu Embarkasi  Haji Terbaik Bidang Konsumsi, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulsel sebagai yang terbaik dalam pelayanan kesehatannya 2 tahun berturut turut, Serta Gubernur Sulsel sebagai Koordinator Provinsi Penyelenggara Haji terbaik se Indonesia yang juga sudah 2 tahun berturut turut diraih.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KPHI Pusat, Bapak Drs. H. Samidin Nasir, MM, saat acara Tasyakuran atas Pencapaian Indeks Kepuaan Jemaah Haji tahun 2018 ini yakni pada angka 85,23 % (sangat memuaskan) yang dilaksanakan oleh Bidang Penyelengaraan Haji dan Umran Kanwil Kemenag Prov. Sulsel di Aula Wisma Birr Ali Asrama Haji Sudiang Makassar (Kamis, 6 Desember 2018)

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan Komisioner KPHI, Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Sekprov Sulsel, Ditjen PHU Kemenag RI yang diwakili oleh Kasubdit Asrama Haji, Kakanwil Kemenag Sulsel dan sejumlah Kakanwil Kemenag provinsi, Kepala Bidang PHU se-Indonesia dan Kepala UPT Asrama Haji Se Indonesia, Kakankemenag, Kepala Seksi PHU Kab. Kota se Provinsi Sulsel, sejumlah Kepala KUA Kecamatan dan Petugas Haji Musim Haji tahun 2018.

Kakanwil Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar dalam Sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Fihak (stakeholder) di Embarkasi Haji Makassar yang terlibat baik secara langsung maupun secara tidak langsung dalam proses pelaksanaan dan penyelenggaraan Ibadah Haji, khususnya kepada Gubernur selaku Koordinator PPIH Propinsi Sulsel sehingga tahun ini, Embarkasi Makassar berhasil memboyong 4 buah Penghargaan KPHI Award ke Sulsel.

Anwar Abubakar berharap, semoga kerjasama Tim selama ini bisa terus dipertahankan, meskipun penghargaan ini juga sekaligus menjadi catatan penting bagi kita semua untuk bekerja lebih giat lagi dalam memberikan pelayanan kepada Jemaah haji kita agar prestasi tersebut bisa dipertahankan bahkan kalau perlu lebih ditingkatkan, Harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Prof. DR. Ir, H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr, dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan oleh Sekprov DR. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo menyampaikan Rasa Syukurnya atas prestasi yang diperoleh oleh Sulsel dalam hal penyelenggaraan ibadah haji khususnya Embarkasi Makassar, hal ini akan menjadi motivasi terbesar kami dan seluruh stake holder terkait dalam hal perhajian untuk memberikan kembali yang terbaik kepada Jemaah haji kita.

Selaku pemerintah daerah, sudah merupakan kewajiban kami untuk terus memperhatikan pembangunan dan perbaikan berbagai fasilitas pendukung termasuk regulasi / kebijakan pemerintah guna memberi kemudahan kepada masyarakat dan calon Jemaah haji kita dalam melaksanakan ibadahnya, sehingga permasalahan permasalahan diseputar penyelenggaraan ibadah yang kadang muncul bisa dievaluasi sedini mungkin agar permasalahan tersebut lebih diminimalisir bahkan dihilangkan.

Mengawali Arahannya, Ketua KPHI Pusat Drs. H. Samidin Nasir, MM. mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi mendorong peningkatan dan mewujudkan Target Indeks Kepuasan Jemaah haji tahun ini (sebagaimana Hasil Survey yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik) di angka 85,23 % (Sangat Memuaskan) atau meningkat dari tahun sebelumnya yang berada di angka 84,85 %, hal ini membuktikan bahwa dari tahun ketahun progress perhajian kita di tanah air semakin membaik.

Tentunya ini berkat sejumlah inovasi baik itu dari sisi regulasi maupun dari sisi Fasilitas serta Kapasitas SDM yang kita miliki, meskipun disana sini masih terdapat sejumlah kekurangan yang perlu diperbaiki dan disempurnakan, dan KPHI sudah menyampaikan sejumlah rekomendasi perbaikan diantaranya Mencari formula untuk Efektifitas dan efesiensi pada Pemeriksaan biometric, Pengaturan transportasi dari daerah ke embarkasi khususnya soal bagasi Jemaah Haji, Dalam hal penataan dan kebersihan ruang makan perlu ditingkatkan, Kualitas Fasilitas manasik harus ditingkatkan pemeliharaannya, Pemantapan manasik haji dan petugas kloter harus dimaksimalkan, Fasilitas kesehatan di asrama haji masih perlu ditingkatkan serta Ketertiban di asrama haji perlu diperbaiki lagi. Akan tetapi pengawasan dan Evaluasi yang dilakukan KPHI tidak lebih tujuannya untuk mendorong dan lebih Menyempurnakan penyelenggaraan ibadah haji Indonesia di tahun mendatang

Beliau juga mengapresiasi Embarkasi haji Makassar (UPG) yang telah membuktikan diri sebagai Embarkasi terbaik di Tahun 2018 ini, Embarkasi Makassar meraih prestasi tertinggi sebagai UPT terbaik se Indonesia dengan sejumlah indikator penilaian sehingga memperoleh indeks tertinggi tahun ini yakni 90,4 persen disusul oleh embarkasi JKG (jakarta) dan SOC (Solo Jateng), Medan lalu Surabaya, sekali lagi ini bukti dari hasil kerja dan keinginan kita untuk menampilkan yang tebaik, akan tetapi jangan juga lengah, pencapaian ini pun sekaligus menjadi cambuk agar kita bisa berbuat lebih baik dan lebih maksimal lagi, ucap Ketua KPHI menutup arahannya. (wrd)

Berikut sejumlah Award yang diserahkan oleh KPHI tahun ini.

Predikat Embarkasi Haji berprestasi Terbaik Tahun 2018
1. Embarkasi Haji Makassar (UPG)
2. Embarkasi Haji Jakarta (JKG)
3. Embarkasi Haji Donohudan Solo (SOC)
4. Embarkasi Haji Palembang (PLM)
5. Embarkasi Haji Medan (MES)
6. Embarkasi Haji Surabaya (SUB)

Predikat Bidang Tertentu :
1. Embarkasi Makassar (UPG) Terbaik Bidang Konsumsi
2. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) Terbaik Bidang Keamanan dan Ketertiban
3. Embarkasi Padang (PDG) Terbaik bidang Transportasi
4. Embarkasi Balikpapan (BPN) Terbaik Bidang Akomodasi
5. Embarkasi Donohudan Solo (SOC) terbaik bidang Dokumen dan Informasi haji
6. Embarkasi Medan (MES) Terbaik bidang Kesehatan
7. Embarkasi Palembang (PLM) Terbaik bidang Bimbingan Ibadah dan Petugas

Editor | Nuansa Terkini.net | Dina