Minggu, 22 November 2020

Paslon Nomor Urut 3 Kalatiku Paembonan - dr. Etha Rimba P. Tandupayung Jika Terpilih Akan Membuat Toraja Utara Lebih Hebat

Tags


Nuansa  Terkini Makassar, - Paslon nomor urut 3 Kalatiku Paembonan-dr. Etha Rimba P. Tandipayung. Usai debat publik di Hotel Four Point by Seraton Makassar dr. Etha  Rimba P.  Tandipayung mengatakan  kepada awak media tentang   visi dan  misi Pasangan khalayak Calon Bupati Toraja Utara. Tahun 2021 -  2024 adalah dua anugerah yang terindah yang Tuhan berikan untuk Toraja Utara. Untuk itu jika Paslon nomor Urut 3 di amanahkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, maka ia akan mendukung dua bidang yaitu pariwisata  dan  kopi menjadi lebih hebat, tak hanya itu Toraja Utara terkenal dengan kopi yang asli, tetap yang terbaik di Dunia. Sabtu (21/11/2020).


" Saya pikir untuk pengembangan pariwisata itu tidak hanya berkisar dianggaran, hari ini kita melihat pengelolaan keuangan kita itu Wajar Tanpa Pengecualian/ WTP lima kali berturut - turut artinya apa penganggaran kita sudah aman, sangat baik jadi masalah kita sebenarnya  bukan dianggaran.  Seperti  yang saya sampaikan tadi bahwa kalau bicara tourism ada 3 point yaitu exceed, amenitas dan atraksi yang akan kita Fokus bukan anggaran."kata dr. Etha Rimba P. Tandipayung.

  

Menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Bontang, ia melihat Toraja Utara dan Bontang. Jauh berbeda karena Kabupaten Bontang adalah Kota Industri sedangkan Toraja Utara bukan Kota Industri.


"  Kita harus Rasional  Toraja Utara tidak mungkin jadi Daerah Industri yang  besar karena Toraja Utara dikelilingi oleh Gunung, di kelilingi oleh Laut, tidak ada akses transportasi yang bisa memudahkan Industri kita bisa besar seperti di Bontang. Saya selalu bilang kita harus mulai pembangunan ini, dari apa yang ada di tangan kira. Di Toraja Utara Industri kita akan besar di Bidang Pariwisata dan Bidang Perkebunan Kopi, " ujar mantan ketua DPRD Bontang.

 

Selain itu, Paslon nomor urut 3 akan fokus pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mana Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menjadi tonggak perekonomian di Toraja Utara.  Karna di Tahun 1968 Indonesia mengalami resesi ekonomi  dan 60 persen perekonomian Indonesia di gerakkan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


" Ada 2 sektor wajib kita lakukan  yaitu pendidikan dan kesehatan, juga  sporting dari sektor - sektor yang lain. Misalnya pembangunan infrastruktur pemberdayaan masyarakat Usaha Kecil Menengah, Industri kreatif yang lebih banyak melibatkan perempuan dan anak muda. Kenapa perempuan dan anak muda, tadi sempat ditanyakan Pak Dwi. Saya sangat bersyukur karena terkait dengan tingginya angka depresi, tingginya angka bunuh diri yang terjadi pada perempuan dan anak muda yang ada di Kabupaten Toraja Utara. Bicara soal depresi ujungnya bunuh diri karena masalah sosial ekonomi, " pungkasnya.


Ia berharap  jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati, akan ada banyak  banyak ide  yang akan di lakukan untuk kebutuhan masyarakat Toraja Utara. Akan menjadi pemimpin yang jujur, cerdas, pemimpin yang berintegritas untuk Toraja Utara.


 " Mudah - mudahan  Tuhan kasi kita kesempatan, karena ide dan gagasan semangat tanpa sebuah kesempatan. Tidak akan ada manfaatnya karena itu, kita perlu punya kesempatan untuk memastikan bahwa ide kita, semangat kita itu bisa kita jalankan dan bisa benar bikin Toraja Utara jadi hebat, "terangnya. (Ln).