Rabu, 02 Desember 2020

Satpol PP Makassar Manfaatkan Libur Panjang Edukasi Warga Gerakan 3M

Tags


Nuansa Terkini Makassar, - Kepala Satpol PP Makassar Imam Hud di Makassar, Minggu (1/11), mengatakan edukasi gerakan 3M disampaikan kepada pengunjung dan pemilik tempat wisata dalam hal penyediaan fasilitas pencegahan COVID-19 sebagai bagian dari operasi yustisi.

Edukasi protokol kesehatan ini ditekankan pada tiga gerakan utama atau 3M yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

"Modus operasinya yakni bagaimana pendekatannya kepada masyarakat, anak-anak (personel Satpol PP) sudah biasa di lapangan menghadapi mereka yang kadang-kadang banyak alasan klasik warga," ujarnya.

Imam Hud mengemukakan tidak ingin liburan hari ini justru akan meningkatkan jumlah orang yang terpapar COVID-19 sehingga ia mengerahkan sedikitnya 100 personel di masa libur panjang, khusus pada tempat-tempat wisata.

Pengawasan intens itu dilakukan di kawasan wisata terbuka seperti di Tanjung Bayam, Tanjung Merdeka, Kawasan CPI dan Anjungan Losari, termasuk Bugis Water Park yang ada di Antang.

Imam Hud mengatakan penyebaran COVID-19 sudah mulai menurun di Kota Makassar dengan Rt di bawah 1 yakni 0,87. Hal ini berarti ada gerakan 3M yang secara disiplin dilakukan masyarakat, oleh karena itu mengingatkan dan menambahkan kesadaran masyarakat menjadi penting agar status zona oranye Makassar tidak kembali menjadi zona merah.

"Daripada peningkatan kewajiban yang kita lakukan, lebih baik meningkatkan kesadaran di tempat-tempat wisata terutama tempat yang terbuka yang memang orang datang itu ribuan. Kita melakukan edukasi, bahkan membagikan masker," jelasnya. (*).