Kamis, 28 Oktober 2021

Wadir Polair Polda Sulsel Berharap Agar Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pulau Terlayani Dengan Baik

Tags




Nuansa Terkini Makassar, -  Wadir Polair Polda Sulsel Katikus Mantoro. S.I.K saat di konfirmasi di Kantor Polair Polda Sulsel Jl. Ujung Pandang mengatakan bahwa ia sedang melaksanakan Sekolah PKM Tingkat Dua, yang mempunyai tugas selaku siswa PKM Tingkat Dua adalah membuat proyek di kesatuan masing-masing. Hal yang di lakukan oleh Wadir Polair Polda Sulsel yaitu dengan melakukan survei ke pulau - pulau. Dimana dia telah menemui hal yang kurang memadai seperti kesehatan masyarakat di pulau tidak terjamin, banyak masyarakat  pulau terkena diare dan terjangkit penyakit yang bermacam - macam. Kamis (28/10/2021).


" Kemudian ditambah lagi masa Covid,  kasihan mau di vaksin juga tidak mau dan sederhana hidupnya.  Makanya saya punya ide untuk membuat ambulance laut, tugasnya nanti kita disamping patroli, gangguan Kamtibmas. Tak hanya itu  kamipun cek - cek pulau  untuk mengantisipasi kejahatan atau pelanggaran hukum apa,  sekaligus kalau ada yang sakit otomatis kita akan bantu masyarakat yang ada di pulau tersebut, " kata Katikus Mantoro.


Peristiwa yang pernah di alami oleh Wadir Polair Polda Sulsel adalah masyarakat di pulau jika ada yang meninggal, tidak ada yang mau mengangkut dikarenakan masyarakat di pulau menganggap ada efek negatif, bikin sial dan pemali menurut kepercayaan masyarakat pulau tersebut.


" Hati saya tergugah untuk itu, kita buat ambulance laut untuk masyarakat di pulau. Ada warga pulau yang mengeluh, terutama warga yang meninggal tadi. Akhirnya kita bantu angkat dari Makassar ke Pulau Kodingareng kita antar, begitu pula sebaliknya diantar Pulau Kodingareng ke Makassar. Kadang masyarakat Pulau Kodingareng sudah dua hari tidak ada yang angkut, makanya sejak  saya membuat  membuat ambulance laut sebagai perubahan yang berbasis aplikasi, " ujar Wadie Polair Polda Sulsel.


Untuk aplikasi yang akan di buat melalui play store,masih sementara menunggu registrasi,  Melihat banyak kejadian yang menyalah gunakan aplikasi seperti  pinjaman online, video yang meresahkan masyarakat.


" Sebelumnya nya sudah menghadap Bapak Kapolda Sulsel,  beliau apresiasinya luar biasa teman - teman tadi lihat di selayang pandang. Melihat vidionya juga kaget, tapi itu membuat saya semangat untuk kedepan nya.  Kita melayani masyarakat tapi kalau melanggar hukum kembali lagi kita proses sesuai hukum yang berlaku, " ungkapnya.


Selain itu, Wadir Polair Polda Sulsel akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk  mendapatkan bantuan ambulance laut untuk masyarakat Pulau Kodingareng. 


" Makanya  berkolaborasi kita rangkul instansi yang terkait, tadi saya sudah ketemu Plt Kadis Kesehatan, sudah diskusi terus nanti kedepannya kita buat kapal ambulance, memodifikasi dari kapal patroli menjadi kapal ambulance. Untuk tempat tidur kita siapkan sementara satu dulu, nanti berikutnya mau kolaborasi dengan Provinsi. Kalau dapat bantuan kita ABK, Awak Kapalnya  yang nyupir adalah kita. Kemudian mungkin dari Dinas Kesehatan Provinsi ahlinya medisnya, obat - obatan kita bekerja sama, termasuk dukungan bahan bakar minyak kita sama sama intinya untuk pelayanan masyarakat, " jelasnya.


Dia berharap, agar pelayanan kesehatan masyarakat Pulau Kodingareng bisa terlayani. Dilayani dengan baik dan ambulance laut bisa berjalan sebagaimana mestinya. (Ln/Mila).