Sabtu, 15 Januari 2022

DPU Makassar Siap Laksanakan Program Inovatif “Japparate”, Optimis Hadirkan Fasilitas Lengkap

Tags



Nuansa Terkini Makassar, - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto beberapa hari lalu melontarkan program inovatif terbarunya yakni “japparate”. Program inipun di mandatkan pada Dinas Pekerjaan Umum Makassar untuk segera merealisasikannya.

Zuhaelsi Zubir selaku Kepala DPU Makassar saat di temui di ruang kerjanya pada Jumat (15/1/2022) mengatakan siap untuk menjalankan instruksi pimpinan.

Ia mengatakan untuk program “japparate” nantinya akan mengambil lokasi di mulai dari Benteng Fort Rotterdam hingga ke Mall Phinisi Point.

“Jika ini berjalan sesuai rancangan tentunya akan menjadi sebuah fasilitas terlengkap di Makassar. Lokasinya kita mulai dari Benteng Rotterdam sampai ke Pipo. Jadi nantinya seperti jembatan layang”,ungkapnya.

Meski di akuinya konsep “japparate” ini menyerupai jembatan Cihampelas yang ada di Bandung namun Ia tetap optimis Makassar akan berikan sentuhan yang berbeda.

“Konsepnya bisa sama tapi di Makassar kita buat lebih baik lagi. Bangunan kita beton jadi mirip seperti tol layang Pettarani”,jelasnya kemudian.

Jembatan “japparate” ini ke depan akan di fungsikan sebagai fasilitas umum warga yang ingin memanfaatkan pedestriannya untuk berjalan kaki dan berolah raga seperti jogging dan bersepeda.

Tak hanya itu,dengan adanya “japparate” di harapkan pula dapat membangkitkan ekonomi masyarakat karena di tempat tersebut juga di sediakan lahan untuk pedagang berjualan dan menjadi pusat kuliner warga Makassar.

Saat di singgung terkait jumlah anggaran yang di butuhkan saat pembangunannya, Kadis PU Makassar itu mengatakan telah menyiapkan anggaran di tahun 2022 ini.

“Untuk sekarang ini sementara tahapan penyempurnaan perencanaan atau Detail Engineering Design (DED). Namun Januari ini kami targetkan sudah bisa masuk ke Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) agar Februari mendatang bisa tender. Anggarannya 20 miliar untuj tahap pertama di tahun 2022”,jelas Zuhaelsi.(*)