Sabtu, 15 Januari 2022

Urai Kemacetan, PU Siapkan Anggaran Bangun Bundaran di Jalan Perintis Kemerdekaan

Tags




Nuansa Terkini Makassar, - Pemerintah kota Makassar, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) berencana membangun bundaran di Jalan Perintis Kemerdekaan tepatnya di depan bumi tamalanrea permai (BTP).

Kepala dinas pekerjaan umum, Zuhaelsi Zubir mengatakan pengerjaan ditargetkan mulai tahun ini. Saat ini, dikoordinasikan ke pusat karena jalan nasional.


“Sudah disiapkan anggaran, demi mengurai kemacetan. Di depan BTP itu nanti dibuatkan bundaran sama mungkin seperti depan cpi karena disana setiap hari macet makanya disitu akan dilakukan bundaran,” ujarnya, Jumat, (14/01/22).

Desainnya, menyerupai bundaran di depan CPI, jalan metro tanjung bunga. Tujuannya, mengurai kemacetan di sekitar.

Diketahui, perempatan jalan ini kerap menjadi tingkat keramaian yang cukup menganggu arus lalu lintas di jam tertentu.

“Jalan itu kan nasional, kita bangun kita koordinasi kita akan menyurat dan perlihatkan kita punya desain, sudah ada tinggal dikoordinasikan dengan pihak terkait,” jelasnya.

Dia menyebut, PU mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp897,6 miliar melalui APBD 2022. Rincian penggunaan terbesar untuk infrastruktur jalan. Pagu anggaran untuk jalan kota sekitar Rp67 miliar, jalan lingkungan Rp74 miliar, jalur pedestrian Rp36 miliar dan penataan simpang jalan sebesar Rp15 miliar.

“Anggaran Rp897,6 miliar sebagian besar akan digunakan untuk pembangunan hingga rehabilitasi sejumlah program infrastruktur,” tuturnya.

Adapun proyek prioritas diantaranya japparate, bundaran BTP dan smart panyingkul.

Selain itu, pedestrian di sepanjang jalan landak dan sungai saddang. Ada juga pembangunan gedung seperti new balaikota, makassar goverment center di taman macan.

“Itu memang prioritas itu kita laksanakan dan segera mungkin persiapkan dokuken perencanaannya,” tambahnya. (*).