Rabu, 26 Oktober 2022

Buka Lomba Masak B2SA Indira Yusuf Himbau Sajikan Menu Bergizi

Tags

 



Nuansa Terkini Makassar, — Dinas Ketahangan Pangan Kota Makassar menggelar lomba masak Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Baruga Anging Mammiri, Rabu (26/10/2022).


Kegiatan ini dihadiri oleh anggota PKK dari 14 kecamatan dan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail. 


Dalam sambutannya Indira mengatakan kegiatan ini untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan para ibu dalam mengolah bahan-bahan yang tersedia menjadi menu B2SA.


Tak hanya dari segi tampilan menu namun yang paling pokok yang harus diperhatikan yakni nilai gizi suatu makanan yang disajikan kepada keluarga.


“Perlombaan ini menjadi wadah bagi anggota PKK untuk berkreasi dalam menyiapkan kuliner yang sehat bagi keluarga, dan yang terpenting bisa diterapkan di kehidupan keseharian di tengah-tengah keluarga, khususnya bagi anak-anak. Tak perlu mahal yang penting sehat, aman, beragam, dan berimbang,” ucap Indira.


Indira juga mengungkapkan bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang akan mengkonsumsinya.


Sementara, Kadis Ketahanan Pangan, Muhammad Rheza menambahkan pihaknya menyediakan bahan pangan yang akan diolah oleh peserta menjadi menu makanan sehat sehari-hari.


“Tadi itu ditentukan bahan pokok pengganti beras. Jadi jargonnya itu kenyang tidak harus nasi. Menu B2SA (beragam bergizi seimbang dan aman),” sebutnya.


Adapun indikator penilaiannya, bahannya harus mudah diperoleh, pengolahannya, tampilan, komposisi, kandungan nutrisinya serta nilai jualnya. 


“Paling penting harganya harus terjangkau, yakni maksimal Rp 100.000. Sebab outputnya, pengaplikasian di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (*).