Rabu, 19 Oktober 2022

Petugas Vaksinator Gabungan Gencar Melakukan Vaksinasi PMK Di Sulbar

Tags




Nuansa Terkini Sulbar, - Nur Kadar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat, bahwa dengan adanya penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang pada hewan ternak.

 

*Seperti, sapi, kerbau, kambing, rusa, babi, dan hewan yang berkuku lainnya adalah merupakan penyakit infeksi virus yang memiliki sifat akut dan sangat menular yang dapat menyerang bagi semua hewan yang berkuku. Dengan kata lain disebut sebagai penyakit Mulut dan Kuku pada hewan (PMK), sehingga pemerintah baik Pusat dan daerah giat melakukan tindakan dalam Pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku," ucap Nur Kadar.




Melalui bidang Peternakan dan Kesehatan hewan Provinsi dan Kabupaten, pada akhir- akhir ini  Petugas vaksinator gabungan. Gencar melakukan vaksinasi PMK di 6 kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.


Untuk pada bulan ini kata Kabid Peternakan dan Keswan ada tambahan vaksin PMK merk AFTOGEN yang sebanyak 35 ribu dosis, namun dimana sebelumnya sudah ada 10 ribu dosis yang disiapkan untuk tahap pertama. Sehingga total keseluruhan sudah mencapai 45 ribu dosis dan ini ditargetkan akan selesai pada tahun ini tegas Nur kadar.


Disebutkan pula, bahwa Vaksin ini berasal dari bantuan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan hewan Kementan Pertanian R.I.


Dan suatu hal yang diketahui bahwa selain vaksinasi, sebagaicara mencegah penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan juga perlu melakukan suatu tindakan yaitu antara lain dengan membatasi gerakan hewan, pengawasan lalu lintas dan pelaksanaan surveilans, melarang pemasukan ternak dari daerah lain (daerah tertular). Serta melakukan tindakan karantina dengan ketat, menjalankan manajemen pemeliharaan yang baik, meningkatkan sanitasi, mendesinfeksi kandang dan sekitarnya secara berkala.


Lanjut Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat juga memberikan obat-obatan dan vitamin untuk mengobati gejala klinis yang tampak serta meningkatkan imunitas dan stamina hewan ternak dan hal ini sebagai upaya untuk menekan penyebaran PMK harap Nur Kadar Berikutnya upaya lainnya yaitu yakni melaksanakan potong bersyarat terhadap hewan ternak yang terkonfirmasi tertular penyakit Mulut dan Kuku (PMK), ini dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah tandasnya. (Irwan).