Kamis, 08 Desember 2022

Bappeda Makassar Serukan Program SDGs, Untuk Apa?

Tags

 



Nuansa Terkini Makassar, - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menyerukan program Sustainable Development Goals (SDGs). Suatu rencana aksi global yang disepakati para pemimpin dunia.

Hadirnya SDGs sendiri bertujuan mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.


Bappeda Makassar mendukung SDGs ini diterapkan di program manapun. Salah satunya sistem aplikasi antariksa untuk mitigasi risiko bencana.


Demikian disampaikan Kepala Bappeda Makassar, Helmy Nudiman. Olehnya, pihaknya berkolaborasi antar negara terkhusus yang masuk dalam bagian Asia Pasifik.


“Ini sejalan dengan visi SGDS 2030,” kata Helmy.

Kolaborasi itu terlihat saat gelaran 4th Ministerial Conference on Space Aplication for Sustainable Development in Asia and The Pacific (MC-4SASD). Kegiatan ini digelar oleh PBB-ESCAP bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Hotel Ritz Calton Jakarta, Rabu (26/10/2022) secara hybrid.


Kegiatan ini juga memang untuk kolaborasi negara dalam rangka peningkatan kapasitas sistem aplikasi antariksa khususnya dalam pengambilan kebijakan dan mitigasi risiko bencana di masa depan,” ujarnya.


Helmy Budiman mengatakan, acara ini memang mempertemukan seluruh lembaga antariksa negara asia pasifik. Tujuannya, untuk menyatukan visi-misi PBB dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan sesuai SDGs

Kehadiran Helmy Budiman sendiri mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’. Kota Makassar patut berbangga. Sebab, hanya ada dua pemerintah daerah di Indonesia yang mendapat undangan sebagai peserta dalam kegiatan ini.


Peserta kegiatan ini di antaranya Bappenas, Badan Informasi Geospasial, Kemenlu, ITB, dan Fakultas Teknik Geologi Unhas. Serta lembaga antariksa negara se-Asia Pasifik. (*)