Selasa, 20 Desember 2022

Ketua TP PKK Hadiri Puncak Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar,- Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail menghadiri acara puncak peringatan hari ulang tahun ke-23 Dharma Wanita Persatuan (DWP), di Hotel Gammara, Selasa (20/12/2022).


Indira yang juga Penasehat DWP Kota Makassar hadir bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.


Dalam kegiatan tersebut, Indira didapuk menjadi salah satu narasumber dalam talkshow bertemakan Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital.


Dalam pemaparannya, Indira menekankan pentingnya seorang perempuan memiliki kecerdasan, baik kecerdasan intelektual maupun kecerdasan emosional. Sebab, seorang perempuan yang menjadi ibu akan menjadi madrasah atau sekolah pertama bagi anak-anaknya.


"Ibu adalah madrasah pertama dan tiang negara. Kalau tiangnya tidak kuat, maka hancur rumahnya. Kalau mau mencerdaskan anak, ibunya harus lebih dulu cerdas," ungkap Indira.


Di era digital saat ini perempuan juga dituntut untuk bisa menguasai teknologi. Penguasaan teknologi ini dinilainya tepat untuk pemberdayaan perempuan. Terlebih lagi selama pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, hampir seluruh seluk beluk kehidupan bergantung pada teknologi. Namun di sisi lain, teknologi di era digital juga bisa berbahaya jika digunakan tanpa kontrol.


"Tantangan ke depan itu semakin beragam, sehingga kecerdasan itu perlu. Era digital itu membantu, kita bisa belajar melihat situasi dan perkembangan yang ada. Tetapi kalau tidak bisa difilter, malah akan berdampak buruk," tuturnya.


Oleh karena itu, untuk memperkuat ketahanan keluarga di era digital, lanjut dia, perempuan yang bertindak sebagai orang tua bukan hanya melahirkan dan membesarkan anak, namun juga perlu mendidik dan membangun kedekatan personal dengan anak.


"Orang tua harus belajar, bukan hanya melahirkan dan membesarkan tapi perlu mendidik. Harus ada rule dalam rumah tangga yang juga harus diketahui anak. Jangan sampai anak lebih senang dengan orang lain," tandasnya.


Sekadar diketahui, talkshow ini merupakan salah satu rangkaian peringatan puncak HUT ke - 23 DWP Kota Makassar.


Dalam kegiatan ini, turut dilakukan pemberian bantuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) kepada anak ASN Pemerintah Kota Makassar golongan I. Indira bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada 50 anak didampingi orang tuanya masing-masing.


Sebelumnya, DWP Kota Makassar juga sudah menggelar berbagai rangkaian kegiatan lain seperti pemberian bantuan sosial kepada kelompok lanjut usia di panti jompo, serta kunjungan silaturahmi sekaligus pemberian hampers dan buket bunga kepada pengurus DWP Kota Makassar Periode 2012-2019.