Senin, 20 Februari 2023

DPRD Makassar Gelar Sinergitas Media dan Legislatif

Tags


Nuansa Terkini Makassar, - Kegiatan yang dilaksanakan oleh DPRD Kota Makassar membangun sinergi antara media dan legislatif berlangsung di Hotel Claro Jl  A. Pettarani pada Hari Senin tanggal 20 Februari 2023.


Dalam kegiatan tersebut Bagian Humas dan Protokol DPRD Kota Makassar, mengundang  perwakilan media di Makassar. Dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Pemerhati Media Sukriansyah Latif dan Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar Ismawaty Nur.


Diera digitalisasi ini, tentu membuat kehidupan masyarakat membutuhkan informasi lewat  media terkait bagaimana tuga wakil rakyat.


Utama dalam menjalankan fungsi-fungsi kedewanan dan bagaimana para anggota dewan menerima serta mengawal aspirasi masyarakat.


Hal itu membutuhkan dukungan media agar tiga fungsi yang dimiliki anggota dewan yaitu fungsi penganggaran, pengawasan dan legislasi atau membuat undang-undang.

Selain itu,  fungsi DPRD Kota Makassar membangun sinergi bersama media agar setiap program dan fungsi yang dijalankan anggota dewan bisa langsung tersampaikan ke masyarakat.

Menurut Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo  bahwa DPRD Makassar hari ini punya kegiatan kedewanan dalam setahun ada empat.

“DPRD hari ini ada empat kegiatan, pertama konsultasi publik, reses, sosialisasi peraturan daerah, dan kunjungan dapil, yang mana anggota DPRD Kota Makassar bisa bertemu dengan konstituen,” ungkapnya..

Olehnya itu, Rudianto Lallo mengatakan peranmedia sangat strategis bagi DPRD Kota Makassar secara kelembagaan dan masyarakat yang butuh informasi atas kerja yang dilakukan anggota dewan.

“Saya selalu menganalogikan kegiatan legislatif tanpa pemberitaan media itu bagaikan makan tanpa minum. Begitu pentingnya bersinergi dengan pers, apalagi di era digital,” kata Ketua DPRD Kota Makassar.

Ketika, Pemerhati Media Sukriansyah Latif, menambahkan bahwa awak media tentu sangat dibutuhkan dalam mengkritik kinerja dewan. Hal itu dilakukan agar para anggota dewan bisa bekerja sesuai dari harapan masyarakat.

“Jadi wartawan jangan pernah berhenti kritik para legislatif. Agar para legislatif ini juga bisa terus bekerja dengan mengawasi eksekutif. Jika anda berhenti kasian masyarakat,” ucapnya.

Staf khusus Wakil Presiden RI menyampaikan bahwa wartawan harus memperhatikan dengan mengkritik kinerja mereka agar masyarakat bisa makmur.

Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar Ismaty Nur menambahkan dia berharap peran media tetap menjadi kontrol sosial di Pemerintahan Kota Makassar.

“Kami siap menerima aduan masyarakat melalui. Media tetap menjadi partner kami dan menjadi pengingat dalam menjalankan roda pemerintahan,”terangnya. (*).