Jumat, 17 Maret 2023

Pemkab Bantaeng Menjadwalkan Safari Ramadhan 2023 di 143 Mesjid

Tags


Nuansa Terkini Makassar, -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, Sulawesi Selatan, menjadwalkan Safari Ramadhan 2023 di 143 Masjid yang ada di 8 Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Sub Bagian Kesra Sekretariat Daerah Bantaeng, Syamsul Alam, S.IP, MM., kepada wartawan aksaranews.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (17/03/2023).


Kata dia, pelaksanaan Safari Ramadhan merupakan program rutin Pemkab Bantaeng untuk menyampaikan informasi terkait pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bantaeng, termasuk penyampaian pencerahan di bidang keagamaan.


“Kepastian Safari Ramadhan ini, didapatkan setelah ia melakukan rapat bersama Bupati Bantaeng dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta beberapa instansi terkait lainnya,” ujar Syamsul Alam.


Lebih lanjut, Syamsul jelaskan, Safari Ramadhan perdana nantinya akan dimulai pada 27 Maret 2023 mendatang di wilayah Kecamatan Pa’jukukang Bantaeng yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama.


“Kemudian kecamatan lainnya, mengikuti jadwal Bupati Bantaeng dan wakil Bupati Bantaeng yang disepakati bersama, pada rapat koordinasi yang dilakukan beberapa hari yang lalu,” ucapnya.


Syamsul menuturkan, Safari Ramadhan nantinya akan melibatkan para Mubaligh, yang dianggap mampu memberikan pencerahan agama Islam kepada masyarakat di Bumi Butta Toa sesuai pentunjuk dari majelis ulama Bantaeng.


“Kami juga sudah bentuk tim Safari Ramadhan Pemkab Bantaeng, yang akan menyebar di delapan kecamatan se-Bantaeng,” tuturnya.


Ia menambahkan, bahwa pada tahun sebelumnya dunia dilanda pandemi Covid-19 sehingga ruang dan aktivitas dibatasi, namun begitu, ia bersyukur pada tahun ini masyarakat bisa melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah.


“Safari Ramadhan bertujuan, untuk meningkatkan syiar Islam dan silaturahim pejabat pemerintah daerah. Dengan Safari Ramadhan ini, diharapkan mampu memperkuat hubungan silaturahmi antara pihak pemerintah daerah dengan warga masyarakat Bantaeng sehingga tercipta ukhuwah Islamiyah,” pungkasnya.(*).