Jumat, 04 Agustus 2023

Bapenda Makassar Gandeng PKN STAN Tingkatkan Keahlian Pemeriksa Pajak

Tags


Nuansa Terkini Makassar - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar bekerja sama dengan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN) terkait peningkatan keahlian pemeriksa pajak. Para pemeriksa pajak diharapkan memiliki skill yang memadai.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Kepala Bapenda Makassar Firman Hamid Pagarra dan Direktur Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara PKN- STAN Rahmadi Murwanto. Penandatanganan dilakukan di Kantor Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak Kementerian Keuangan, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (20/7).

"Kami berharap dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan oleh STAN sebagai lembaga kredibel yang diakui dalam tata pengelolaan keuangan negara mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada pegawai Bapenda khususnya dalam hal peningkatan potensi pajak daerah," ujar Firman Pagarra dalam keteranganny

Sementara itu, Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto mengatakan pihaknya saat ini sudah banyak memberikan pelatihan baik mengenai pajak daerah maupun pelatihan keuangan lainnya. Menurutnya, peningkatan kapasitas pemeriksa pajak merupakan hal yang mendasar.

"Kami menyambut baik tujuan dari Bapenda Kota Makassar dalam peningkatan kapasitas pemeriksa pajak. Pemeriksa pajak harus memiliki knowledge dan skills yang baik dalam peningkatan pajak daerah di Kota Makassar," ujar Rahmadi.

"Jadi ini adalah hal yang baru bagi Bapenda Kota Makassar melaksanakan diklat di PKN STAN Jakarta. Untuk tahap pertama ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 Juli 2023 dan ada sekitar 6 pegawai Bapenda yang akan mengikuti diklat pemeriksa pajak. Semoga dengan diklat ini menjadi langkah-langkah strategis dalam peningkatan PAD Kota Makassar menuju 2T," jelasnya.