Selasa, 05 Maret 2024

Fadliah Firman Pandu Langsung Pelatihan E-Reporting DWP Kota Makassar untuk Tingkatkan Akuntabilitas Program Kerja

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar,- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar menggelar pelatihan sistem pelaporan elektronik (e-reporting) untuk meningkatkan akuntabilitas program kerja DWP.


Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh unit kerja setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DWP Kota Makassar. Pelatihan terbagi tiga sesi yang berlangsung di Rumah Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar pada Selasa, (5/03/2024).


Ketua DWP Kota Makassar, Fadliah Firman, memandu langsung pelatihan ini. Ia menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan aplikasi e-reporting dari DWP pusat ini untuk memudahkan pengelolaan laporan program kerja setiap unit kerja DWP.


"Aplikasi ini sangat memudahkan untuk melaporkan dan memantau program kerja yang sudah dijalankan pada setiap OPD, jadi pelatihan ini penting dilaksanakan untuk kemudian diaplikasikan pada setiap unit kerja," jelasnya.


Ia berharap melalui pelatihan ini mampu memudahkan proses pengumpulan, analisis, pemantauan dan pelaporan data program kerja DWP Kota Makassar menjadi lebih efisien dan akurat.


Di sisi lain, Ia menilai melalui pelatihan e-reporting ini juga dapat menjadi satu langkah dalam memperkuat infrastruktur teknologi informasi di Kota Makassar.


"Pentingnya penerapan teknologi informasi dalam melaporkan kegiatan organisasi untuk meningkatkan transparansi serta akuntabilitas dalam pengelolaan program kerja," jelasnya.


Selama sesi pelatihan, Fadliah berkeliling pada setiap peserta, menuntun penggunaan aplikasi tersebut memastikan para peserta paham dan berhasil menggunakan aplikasinya.


Peserta juga diberikan contoh-contoh laporan yang baik dan benar yang dapat dijadikan acuan dalam menyusun laporan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas laporan yang dihasilkan setelah pelatihan berlangsung.


Antusiasme para peserta dalam mengikuti setiap materi dan praktek langsung menggunakan platform e-reporting mencerminkan komitmennya untuk meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan data program kerja DWP Kota Makassar. (*)