Minggu, 25 Februari 2018

Camat Liukang Kalmas : Pendidikan dan Kesehatan Yang Utama

Tags


Nuansa Terkini.Net Pangkep - Pemerintah Kabupaten Pangkep menggelar perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Pangkep di desa Batara, kecamatan Labbakkang, kabupaten Pangkep, Sulsel, Sabtu (24/2/2018).

Camat Liukang Kalmas Abd.Rahman S Kabupaten Pangkep  saat di temui di standnya mengatakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 58 semoga Kabupaten Pangkep lebih baik kedepan,  di Kecamatan Liukang Kalmas Kabupaten Pangkep  rata rata di tumbuhi pohon kelapa, sekitar pinggiran pantainya 15 sampai 20 meter, air nya tawar.

" Kecamatan Liukang Kalmas mempunyai  sekolah Smu Negeri ada 3, tempatnya  di Kecamatan Kalukuan dan Kecamatan  Maracende,  ada  Madrasah Sanawiah, mempunyai  18 Sekolah Dasar, kemudian   Sekolah Menengah Pertama (SMP)  dengan stafnya ada  13 jumlahnya. Untuk jumlah KK  sekitar  732, untuk Kecamatan Liukang Kalmas hampir 13000 penduduknya, ada 6 Desa satu Kelurahan". ucapnya

Camat Liukang Kalmas mempunyai Program kerja bagaimana merubah pola pikir masyarakat disana, terutama di Bidang Pendidikan, kemudian di Bidang Kesehatan  karna di wilayah Kecamatan Liukang Kalmas yang merupakan pulau terluar di Kabupaten Pangkep yang di prioritaskan Pendidikan dan Kesehatan.  Puskesmas di Kecamatan Liukang Kalmas  ada 2, sekarang terkendala masalah komunikasi  transportasi.

Untuk transportasi Kecamatan  Liukang Tangayya sudah ada kapal perintisnya sedangkan di Kecamatan Liukang Kalmas belum ada, Perlunya perhatian Pemerintah untuk dapat memberikan bantuan transportasi karna melihat dari jarak nya lebih jauh Kecamatan Liukang Kalmas di banding Kecamatan Liukang Tangaya.

" Kalau kita di Kecamatan Liukang Kalmas berada pada posisi tengah tengah jauh dari Kalimantan, jauh dari Makassar jauh juga dari Surabaya. Kalau dari Paotere ke Kecamatan  Kalukuang Kalmas  untuk waktu  perjalanan sekitar  14 sampai 15 jam, kalau Desa Panmas dan Desa Baru hampir 24 jam ke Makassar Paotere ". kata Camat Liukang Kalmas.

Hasil laut yang di   ekspor Kecamatan  Liukang Kalmas yaitu  telur ikan terbang harga di tahun 2017. Mencapai harga 450 rb perkilo harga telur ikan,  untuk harga  ikan 4000 sampai 5000 perkilo yang di asinkan. Selain itu yang di ekspor teripang , lobster, ikan kerapu dan  ikan sunu di ekpor keluar.

Istri Camat  Liukang Kalmas menambahkan bahwa yang terkenal  mengekspor ikan terbang adalah Kabupaten  Bantaeng dan Kabupaten Takalar, yang penghasil ikan terbang adalah Kecamatan Liukang Kalmas. (Lhena/Ds)

Editor | Nuansa Terkini.Net | Dina