Jumat, 03 Agustus 2018

Jelang ke kota Makkah, ini yg dilaksanakan Kloter 14 UPG

Tags

Nuansa Terkini.net Madinah -  Terkesan dengan Kekompakan kloter 14 Upg yang hampir tiap habis waktu sholat subuh Berkumpul di Pelataran Pintu 15 Masjid Nabawi, Tim Promotiv Preventif (TPP) KKHI Kemenkes RI dan Tim Pembimbing Ibadah Sektor 2 Madinah meminta waktu khusus untuk bergabung untuk secara langsung bisa ikut memberikan manasik Ibadah dan Penyuluhan Kesehatan bagi seluruh Jemaah Calon Haji Kloter 14 UPG.

Hal tersebut disampaikan langsung kepada Ketua Kloter 14 Upg, Mawardi Siradj dihadapan seluruh JCH yang ngumpul lesehan, semoga program Ketua Kloter 14 UPG ini bisa diikuti oleh kloter kloter lainnya, karena hal ini sangat efektif dan memberikan manfaat besar bagi jemaah kita khususnya terkait wawasan perhajian dan kesehatan, ucap

Pagi ini (Jumat, 3 Agustus 2018), yang juga merupakan hari terakhir pelaksanaan Manasik Kloter yang digelar oleh Petugas Kloter 14 Upg  selama di Kota Madinah, karena Besok Ba'da Subuh, seluruh JCH Kloter 14 Upg akan bergeser ke Kota Makkah.

diawali dengan penyuluhan kesehatan bagi jemaah khususnya terkait pelaksanaan kegiatan ibadah selama di Kota Makkah, utamanya saat Armina (Arafah, Musdalifah dan Mina).

Dalam penjelasan pengantar yang disampaikan baik oleh Dokter Kloter 14 Upg, dr. Benny Novrianto maupun dari Tim TPP Kemenkes RI Ibu Esni menyampaikan Tips Kiat sehat hadapi Armina, diawali dengan Perjalanan kurang lebih 6-7 jam menuju mekkah dan dilanjutkan dengan umrah wajib tentu akan menguras tenaga jamaah yang mayoritas adalah jamaah usia lanjut. Cuaca yang panas dan faktor penyakit yang dibawa dari tanah air terutama penyakit hipertensi, DM dan penyakit lainya dapat mempengaruhi kesahatan jamaah haji kloter 14 UPG. Untuk mengantisipasi dan menghadapi kondisi seperti itu ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk tetap sehat menghadapi Armina:
Pertama, untuk menghindari terjadinya heatstroke dan dehidrasi calon jamaah haji dianjurkan untuk minum 2-3 liter dalam 1 hari atau 1 gelas tiap jam. Bisa ditambahkan dengan oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
Kedua, gunakan masker setiap keluar dari hotel. Masker bisa mencegah penularan penyakit yang bisa menular lewat udara. Selain itu bisa juga mencegah terjadinya mimisan dengan cara dibasahi dengan spray yang diberikan saat diembarkasi agar udara yang dihirup jamaah tidak terlalu kering.
Ketiga, gunakan payung saat berada diluar ruangan untuk mencegah paparan sinar matahari langsung. Selalu gunakan alas kaki saat berada diluar ruangan karena berjalan tanpa alas kaki bisa menyebabkan terjadinya kaki melepuh.
Keempat, jamaah dianjurkan untuk makan sesuai dengan waktu yg telah ditentukan dan beristirahat minimal 6 jam. Jangan memaksakan diri untuk beribadah saat kondisi badan tidak fit.
Kelima, jamaah haji yang memiliki penyakit seperti hipertensi, Diabetes melitus, penyakit jantung wajib mengkonsumsi obat secara teratur.
Terakhir yang tidak kalah penting adalah jika ada jamaah yang sakit harus segera menemui petugas kesehatan di kloter untuk mendapatkan pelayanan kesehatan

Dari semua hal diatas yang paling penting adalah jamaah selalu berdo'a kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala agar diberi kesehatan selama menjalankan ibadah haji hingga kembali ke tanah air, papar dr. Benny diamini oleh seluruh jemaah.

Sementara itu, Tim Pembimbing Ibadah Sektor 2 Madinah Bapak H. Adamrin menyampaikan materi bimbingan ibadah Haji, khususnya terkait miqat, ihram, dan umrah wajib dan sunnah pra Armina. Beliau kembali mengingatkan kalau tantangan di kota Mekkah dan Armina lebih berat dibanding selama mengambil Arbain di Madinah. Olehnya itu, tetap jaga kesehatan, jangan diporsir tenaganya untuk hal hal yang dikuar rukun dan wajib haji, utamanya bagi jemaah yang Lanjut usia dan risti. Tetap ikuti saran dan anjuran serta petunjuk petugas kloter, tegasnya.

Sampai berita ini dibuat, jemaah kloter 14 sementara melaksanakan ziarah perpisahan ke makam Rasulullah Muhammad SAW dipandu langsung Oleh pembimbing Ibadah Kloter H. Muh. Nur.

Diwaktu bersamaan, Ketua Kloter 14 Upg bersama para ketua regu dan rombongan mengumpulkan Koper Jemaah secara serentak di lobby Hotel Elaf Taiba berdasarkan rombongan, agar memudahkan proses pemberangkatan keesokan harinya ke Kota Mekkah ba'da sholat subuh (Sabtu, 4 Agustus 2018).

Data terakhir Jemaah kloter 14 Upg, sebanyak 453 orang, 3 orang yang sementara dirawat di KKHI yaitu  besok juga akan diberangkatkan ke Kota Mekkah dengan Mobil Ambulance, yakni Ambo tuo sawedi B0906275,  Djibrin  ladahasa B1182549, Sarwono hidayat soeryohadi A8905016.

Editor | Nuansa Terkini.net | Dina