Sabtu, 05 Oktober 2019

Tags

Kabid Holtokultura : Sulawesi Selatan Maximalkan  Peningkatan Produksi

NuansaTerkini Makassar,- 
Kepala Bidang Holtikultura Ir.H.Suaib. P. M. P di Dinas  Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan Bidang Holtikultura   ada 2 sumber anggaran yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  (APBN) dan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kegiatannya terdiri dari pengembangan bawang putih, bawang merah, cabe dan jahe.

Sedangkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) penunjang dari kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD) kegiatan  fisik tidak ada. Jumat (4/10/2019).

" Untuk  pengembangan Holtikultura seperti cabe itu sudah  berjalan,  sementara penropang benih, bibit dan pupuknya  insyaallah ditanam pada akhir Oktober atau awal November karna   komoditi yang memerlukan air. Sama juga bawang merah malah ada yang sudah panen ada juga mau di tanam, sedangkan untuk bawang putih ini baru sementara penropang bibit.  Seperti di Kabupaten  Bantaeng  rencananya Kabupaten  Enrekang, Bulukumba itu untuk bawang putih sedangkan untuk pisang kita drop pisang bersumber dari  luar Sulawesi Selatan  karna melalui keterjalinan  pisang kapendis ini  tidak ada di Sulselkita datangakan dari Jawa, "  ujar Suaib.

Selain itu, ada juga mangga yang sudah disebar di beberapa Kabupaten seperti Kabupaten Bone, Bantaeng dan Soppeng. Jeruk keprok berasal dari Kabupaten Selayar yang merupakan satu komoditi andalan Gubernur Sulawesi Selatan dan Wakil Gubernur Sulawesi selatan. Hal tersebut untuk  mengembalikan kejayaan jeruk keprok, lahan yang disediakan kurang lebih 50 hektar  Anggarannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN).

 " Insyaallah Tahun depan akan meningkat menjadi 100 hektar untuk jeruk,  untuk Holtikultura baik bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun  Anggara Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  pusat. Saya rasa berjalan tidak ada hambatan  ini  hanya sedikit terlambat menanam karna sekarang ini musim kemarau ' insyaallah ' jika  hujan turun langsung menanam, untuk bibit bawang putih sudah tiba di masing masing Kabupaten, " kata Kabid Holtikultura.

Kegiatan penanaman bawang merah atau cabe sekitar 95 hektar yang diberikan dari pusat, yang di prioritaskan memiliki  sumber air serta di bantu mesin pompa air dan pupuk.


" Sulawesi Selatan komoditi bawang putih termasuk Daerah sentra, Kementrian Pertanian dalam hal ini Dirjen Holtikultura  itu bagaiman bawang putih ini bisa swasembada di Dunia Salah satunya Sulawesi Selatan. Mendapat  hampir 400 hektar bawang putih Tahun ini, mudah - mudahan   bawang putih bisa berkembang di Sulawesi Selatan.  Wilayahnya   Kabupaten Bantaeng, Enrekang  dan Bulukumba, " pungkasnya. (Ln)