Rabu, 10 Agustus 2022

Bapenda Makassar Gelar Sosialisasi Pajak Daerah

Tags




Nuansa Terkini Makassar, -  Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggelar sosialisasi pajak daerah. Ini salah satu upaya peningkatan kepatuhan masyarakat akan pajak.


Sosialisasi digelar di Hotel Arthama, Selasa (24/5/2022), dan dibuka secara langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar, mewakili Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto.


Dalam sambutannya, Ansar menyampaikan harapan agar masyarakat Makassar dapat taat pajak serta membayar pajak tepat waktu dan jumlah.


“Pajak memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pemerintahan. Selain sebagai fungsi anggaran, pajak juga sebagai alat untuk mengatur stabilitasi dan redistribusi pendapatan,” ujarnya.


Selain itu, pajak dan retribusi daerah merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan otonomi daerah.


Sosialisasi kali ini melibatkan rekan-rekan notaris sebagai peserta sosialisasi. Harapannya, dapat mendukung upaya Pemkot Makassar menggerakkan kesadaran masyarakat untuk taat pajak.


Sementara, Kepala Bidang Pajak 1 dan Retribusi Daerah Bapenda Makassar, Harryman, menyampaikan sosialisasi ini selain untuk mengingatkan wajib pajak akan besarnya peranan pajak dalam pembangunan daerah juga sebagai ajang silaturahmi kepada wajib pajak.


“Jika dilihat dari postur PAD (pendapatan asli daerah) Kota Makassar, maka 79 persen atau Rp1 triliun lebih berasal dari pajak daerah. Kontribusi terbesar ada di BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) dan target tahun ini Rp400 miliar,” bebernya. (*)