Sabtu, 13 Agustus 2022

Hindari Kebocoran Pajak, Bapenda Makassar Pasang CCTV di Restoran

Tags




Nuansa Terkini Makassar, -  Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memasang kamera pengawas alias CCTV pada restoran dan rumah makan. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari kebocoran pajak daerah.


Kepala Bapenda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, mengatakan pemasangan CCTV itu merupakan langkah awal yang pernah digaungkan Wali Kota Makassar untuk mengantisipasi kebocoran pendapatan asli daerah (PAD), utamanya dari restoran dan rumah makan.


“Maka sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak rumah makan dan di restoran. Maka kami bersepakat untuk memasangkan CCTV yang pertama untuk melihat jumlah pengunjung yang datang apakah sesuai dengan pajak yang mereka bayarkan,” kata Firman di kantornya, Jumat (1/7/2022).


Alasan lainnya, kata Firman, karena pemasangan CCTV itu merupakan salah satu langkah dari Makassar Recover pada poin adaptasi sosial. Melalui CCTV, Pemkot bisa memantau penegakan protokol kesehatan di restoran dan rumah makan yang bersangkutan.


“Ini salah satunya untuk mengupayakan apakah rumah makan atau restoran menerapkan. Itu dua intinya. Antisipasi dalam rangka peningkatan PAD dan mendukung Makassar Recover,” kata Firman.


Makassar Recover merupakan program penanganan pandemik COVID-19 yang digaungkan Pemkot Makassar. (*).