Selasa, 23 Agustus 2022

Koordinasi Aktif Menyambut Target Kinerja Tahun 2022 Bersama Kantor Pertanahan Kota Makassar

Tags




Nuansa Terkini Makassar, -  Hubungan kerja antara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan Kantor Pertanahan (Kantah) terjalin erat karena adanya beberapa tugas fungsi yang saling berkaitan, antara lain program sertifikasi Barang Milik Negara (BMN), penerbitan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) dan tugas pengelolaan BMN dalam hal Kantah sebagai kuasa Pengguna Barang dan KPKNL Selaku Pengelola Barang. Komunikasi dan koordinasi diharapkan dapat memperlancar dalam pelaksanaan tugas masing-masing unit.


Berkaitan dengan itu Kepala KPKNL Makassar Harmaji melaksanakan koordinasi secara langsung ke Kantah Makassar dan diterima dengan baik oleh Kepala Kantahnya Yan Septedyas di ruang kerjanya. Komitmen dalam rangka peningkatan sinergi untuk mencapai tujuan disampaikan antara lain permohonan sertifikasi oleh satker K/L yang lengkap untuk program sertifikasi tahun 2022 diharapkan sudah mulai dilakukan diawal tahun sehingga kendala terkait bidang tanah yang diajukan dapat segera ditemukan solusinya atau dicarikan penggantinya. Satker K/L diharapkan mengetahui kondisi obyek bidang tanahnya sehingga mempermudah pada saat dilakukan pengukuran.


Target Sertifikasi BMN Tahun 2021 di wilayah kerja Kantah Makassar sebanyak 86 bidang tanah telah dapat diselesaikan 100 % (seratus persen) sebagai bukti sinergi yang sudah terjalin baik antara KPKNL, Kantah dan Satker K/L.


Pendaftaran SKPT secara online diharapkan mempermudah dan mempercepat proses untuk penerbitan SKPT nya dengan catatan tidak terdapat permasalahan hukum dan apabila terdapat perbedaan luas tanah yang diajukan agar dapat diajukan permohonan untuk pengukuran ulang.


Pak Dyas demikian disapa juga menyampaikan harapannya apabila terdapat asset idle dalam kaitannya KPKNL selaku Pengelola Barang agar dapat dihibahkan sebagai rumah dinas untuk Kepala Kanwil dan Kepala Kantah Makassar, karena hingga saat ini belum terdapat rumah dinas di Kota Makassar.


Disela-sela diskusi terdapat goncangan gempa berkekuatan 7,5 skala Richter dikedalaman 12 km Laut Flores yang sempat dirasakan dan alhamdulillah kondisi semuanya aman terkendali. Harapan kedepannya sinergi KPKNL Makassar dan Kantah Makassar semakin baik dan dapat menyelesaikan setiap persoalan yang ada. Semangat EWAKO.