Senin, 15 Agustus 2022

Top, Puskesmas Mangasa Ditunjuk Dalam Penilaian Adipura 2022

Tags

 



Nuansa Terkini Makassar,  - Puskesmas Mangasa menjadi andalan Pemerintah Makassar. Puskesmas ini ditunjuk dalam salah satu penilaian Adipura 2022.


Kepala  Puskesmas Mangasa

drg Gempita Anggun Ramadhani Putri terus berbenah dalam penilaian Adipura 2022. Pelayanan dan renovasi terus dilakukan.


"Alhamdulillah Puskesmas Mangasa dari sekian Puskesmas yang ada dan dinilai dalam adipura 2022. Tim menunjuk kita sebagai salah satu indikator penilaian," kata 

drg Gempita Anggun Ramadhani dalam keterangannya, Senin (15/8/2022).


Puskesmas Mangasa ini akan dinilai langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Penilaian akan dilakukan bulan Agustus 2022.


"Kita yakin nilainya bagus karena Puskesmas kita memang kerap menjadi contoh bagi puskesmas lain," jelasnya.


Pengelolaan sampah medis, instalasi pengelolaan air limbah dan taman menjadi andalan Puskesmas ini. Pipit yakin Makassar akan kembali mendapat Adipura 2022.


"Kita maksimalkan ini dan pelayanan terbaik di berikan bagi seluruh masyarakat. Sebelum penilaian Adipura juga kita sangat maksimal," terangnya.


Untuk layanan sendiri, dokter gigi ini mengandalkan layanan home care dari rumah ke rumah warga. 


"Pelayanan terus dilakukan sampai jam 2 siang. Tapi kita tetap ada home care juga selalu jalan, vaksin tetap jalan termasuk booster juga," paparnya.


Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengapresiasi sejumlah tempat yang menjadi penilaian di Adipura. Puskesmas yang ditunjuk juga memiliki kinerja baik.


"Bagus bagus itu (5 Puskesmas) yang di nilai," kata Danny Pomanto.


Menurut Danny masih ada beberapa yang perlu di sempurnakan dalam penilaian adipura. Meski menurutnya ada penilaian yang paling utama.


"Bagus itu (Puskesmas Mangasa) di luar itu tadi (TPA) tapi semua yang menentukan syarat tapi syarat kunci itu di TPA saya coba turun tangan," jelasnya.


Sementara itu, Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Jabbar mengatakan penilaian adipura telah kami siapkan. Pihaknya masoh menunggu kedatangan tim dari pusat.


"Sudah disiapkan dan kami masih menunggu dari Kementerian," katanya.


Jabbar menjelaskan Puskesmas menjadi salah satu bagian yang akan dilakukan penilaian. Iapun yakin Puskesmas yang di tunjuk merupakan puskesmas terbaik yang dapat dinilai.


"Tentu yang terbaik dari sejumlah puskesmas yang ada. Makanya kami yakin ini mendapatkan nilai terbaik nantinya," paparnya. 


"Jadi adipura itu adalah penilaian menilai fisik kebersihan suatu kota juga menilai data JAKSTRADA ( kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga)," tutupnya. (*).