Selasa, 20 September 2022

Beri Rasa Aman, Kasat Polairud Polres Sinjai Pimpin Patroli Perairan Sekitar Pulau Sembilan.

Tags

 


Nuansa Terkini Sinjai - Pelaksanaan kegiatan patroli dalam rangka mencegah terjadinya tindak pidana yang terjadi diperairan merupakan salah satu tugas rutin Satuan Polisi Perairan Polres Sinjai.


Selain itu, Patroli perairan guna menjaga keamanan, ketertiban dan keselamatan masyarakat diwilayah  hukum perairan Polres Sinjai.


Kali ini patroli perairan yang digelar Sat Polairud Polres Sinjai, Selasa (20/9/2022) dipimpin langsung oleh Kasat Polairud Polres Sinjai Akp Nompo,SH dengan anggotanya tujuh personel menggunakan kapal dinas Polri, kapal patroli C2 no.pol 1028 XIV menyasar perairan pulau Sembilan.


Kasat Polair Polres Sinjai Akp Nompo, SH mengatakan bahwa tujuan patroli tersebut untuk menciptakan situasi yang aman serta kondusif khususnya di wilayah Perairan Kabupaten Sinjai. Ujarnya.


"Tujuan patroli ini sebagai upaya preventif dan deteksi dini terjadinya tindak pidana diperairan wilayah hukum Polres Sinjai dan sebagai langkah pencegahan agar tidak memakai alat penangkapan ikan menggunakan bahan peledak bom dan bius penangkapan ikan dengan menggunakan jaring trawl illegal fishing penyeludupan, penyalahgunaan BBM dan tindak pidana lain. Tambahnya.


"Adapun bentuk patroli perairan yang kita laksanakan di wilayah perairan laut Polres Sinjai ini meliputi beberapa kegiatan yaitu pemantauan, pengawasan dan pemeriksaan seperti kapal, baik muatan maupun dokumen kapal, guna mengantisipasi penyelundupan handak, bius ikan, Narkoba serta pelanggaran lainnya. 


Dalam pelaksanaan giat patroli menemukan kapal nelayan yang sementara beraktivitas dan memeriksa kelengkapan surat surat kapal tersebut, sambil memberikan imbauan bahwa kalau mau keluar melaut supaya memperhatikan cuaca demi keselamatan kita bersama. Nelayan atas nama Hasan warga Sinjai merasa diperhatikan dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kasat Polairud Polres Sinjai beserta anggotanya. 


Sementara itu, Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar,S.Ik.,M.Si, mengingatkan dalam pelaksanaan patroli agar mengutamakan keselamatan, jangan lupa alat pelampung atau pelindung diri serta jangan lupa APP anggota sebelum patroli.