Minggu, 04 September 2022

Pemberdayaan Masyarakat DariI Pengolahan Sampah Di Polwan

Tags




Nuansa Terkini Sulbar, - Iswahyudin M.S.STP M.Adm KP Kepala Bidang Pembangunan Usaha Ekonomi Dan Pembedayaan Masyarakat Desa DPMD Prov.SULBAR.


Ada 9 kelurahan di kecamatan Polewali Kabupaten Polman Prov. Sulbar yang merupakan sebagai lanjutan Program Marasa dari 73 kelurahan Program Mandiri Cerdas Dan Sehat ( MARASA ) yang menyebar di enam kabupaten dalam wilayah Provinsi Sulawesi Barat  Marasa, yaitu sebagai Program Bapak Drs.H.Andi Ali BaaL Masdar M,si Gubernur provinsi Sulawesi Barat periode 2017 -  2022.


Adapun lanjutan program  Marasa tersebut yaitu 9 Kelurahan yang tersisa di Kecamatan Polewali kabupaten Polman.


Dalam hal ini yang dimaksud Iswahyudin  yaitu kegiatan pengolahan sampah disembilan kelurahan yang berada di kabupaten Polewali Mandar, yang dapat menjadikan penghasilan atau bisa juga dijadikan sebagai tambahan pendapatan.


"Bagi masyarakat yang terkait dari pengelolaan sampah tersebut diharap dalam kegitan ini, dijadikan daya saing untuk menghadapi dan juga merupakan sebagai dukungan dalam pembangunan Ibu kota Negara (IKN). Di Kalimantan Timur nantinya," ujar Iswahyudin pada saat ditemui oleh wartawan Online Nuansa terkini bàru baru ini diruang kerjanya.


 Lanjut kata Iswahyudin sampàh diketahui sebagai barang kotor namun dikelola menjadi menjadi barang berproduktif, bagi kelompok masyarakat dan sampah juga merupakan bahan sisa yang dapat merusak lingkungan hidup. Serta dapat menyebabkan penyakit gambarannya seperti itu tutur Iswahyudin berikutnya namun ada sebagian orang yang tidak mau berfikir untuk menjadikannya lebih bermanfaat.


Selanjutnya kata Iswahyudin untuk pengolahan sampah yang benar dana baik harus membutuhkan kegigihan dan kesabaran dalam mengerjakannya.


Bahwasanya pengolahan sampah sebelumnya telah dilakukan oleh beberapa kota di Dunia  dan juga termasuk kota kota besar di Indonesia.


Dan menurut pak kabid untuk dapat menemukan cara pengolahan sampah yang benar tentunya perlu kerjasama dengan berbagai pihak agar mencapai hasil yang maksimal tandas Iswahyudin Red. Irwan. (*).