Selasa, 11 Oktober 2022

Pedagang Musiman di Makassar Ramai Disinggahi Pengendara Jelang Lebaran

Tags

 



Nuansa Terkini Makassar, - Pedagang musiman di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai marak jelang Lebaran. Sejumlah lapak pedagang muncul berjejer menggunakan tepi jalan sebagai area pasar tumpah yang ramai disinggahi pengendara.


Pantauan detikSulsel, titik pasar tumpah ramai pembeli bertempat di Jalan Bawakaraeng, Kecamatan Bontoala, Makassar, Minggu pagi (1/5/2022). Para pedagang memadati ruas jalan menjadi pasar tumpah di sepanjang jalan menuju Pasar Terong Makassar.


Sejumlah lapak dengan berbagai jenis dagangan didirikan, mulai ayam potong, kulit pisang, hingga kulit ketupat. Para pedagang menawarkan dagangannya kepada pengendara yang melintas.


Tampak sejumlah anak-anak berteriak menyebut dagangannya dan menggunakan pengeras suara memanggil para pengendara untuk singgah. Para pengendara yang singgah terlihat memilih ayam potong yang hendak dibeli, bahkan transaksi bisa dilakukan tanpa harus turun dari motornya
Mulai kemarin, kami bikin rangka kandang dan semalam mulai loading," ucap salah satu pedagang ayam kampung kepada detikSulsel, Minggu (1/5).


Dia mengaku transaksi berlangsung cukup cepat dan mudah. Pedagang yang langsung menghampiri pengendara jika berniat membeli.


Sementara pedagang lainnya, Ardi menuturkan, sengaja memilih tepi jalan mendirikan lapak. Pasalnya dia tak punya tempat di dalam kawasan pasar.


"Tidak ada sewa tempat," ucap Ardi yang menjual ayam di ruas Jalan Bawakaraeng Makassar.


Ardi mengaku sengaja berdagang di tempat tersebut karena lokasinya strategis. Meski tidak menyewa tempat, namun dirinya diimbau tetap jaga kebersihan lokasi dagangan.


"Hanya buang sampah saja, pembeli juga lebih banyak," beber dia.
Ari menambahkan, berdagang di ruas jalan pun cukup menguntungkan lantaran kurangnya persaingan antara pedagang yang ada di dalam pasar. (*).