Kamis, 20 Oktober 2022

Senada dengan Walikota Makassar, GMPK Sulsel Kecam PT. PLN Terkait Penebangan Pohon

Tags

 



Nuansa Terkini Makassar, - Gerakan Mahasiswa dan Pelajar Kebangsaan (GMPK) Sulawesi Selatan menyoroti aktivitas penebangan pohon yang terjadi di sekitar bilangan Jalan Perintis Kemerdekaan. Diketahui, penebangan pohon tersebut dilakukan oleh pihak PT. PLN.


Ketua GMPK Sulawesi Selatan, Ilham Azhari Said, menegaskan bahwa aktivitas penebangan pohon secara sembarangan yang dilakukan oleh PT. PLN tidak bisa dibiarkan. Terlebih, Kota Makassar masih jauh dari kata ideal dalam hal ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).


"PT. PLN harus bertanggung jawab, tidak bisa dibiarkan. Apalagi  RTH di Kota Makassar ini masih jauh dari kata ideal yang sudah ditentukan oleh Undang-undang. Masih di bawah 30% dari luasan wilayah Kota Makassar," jelas Ilham.


Dikatakan Ilham, PT. PLN harusnya menjadi bagian dari pemerintah Kota Makassar untuk menjaga kelestarian lingkungan di Kota Makassar. Bukan justru menjadi bagian yang merusak lingkungan.


"Ini PLN kita lihat dimana-mana modelnya sama. Alasannya untuk mengamankan kabel listrik lah, atau apalah itu. Tapi kan tidak bisa juga asal menebang pohon. Perlu ditindaki itu PLN," tegas Ilham.


Sebelumnya, Walikota Makassar dikabarkan geram atas tindakan penebangan pohon yang dilakukan oleh PT. PLN. Bahkan, pemerintah Kota Makassar juga dikabarkan telah menyiapkan somasi kepada pihak PT. PLN.


"Kita dukung pemerintah Kota Makassar untuk menindak tegas PT. PLN. Wajib hukumnya PT. PLN diberi sanksi," ujar Ilham. (*).