Rabu, 09 November 2022

Lewat MIF, Makassar-Australia Mulai Jajaki Peluang Bisnis Rumput Laut

Tags



Nuansa Terkini Makassar,  - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melakukan one on one meeting dengan beberapa delegasi negara sebagai rangkaian dari Makassar Invesment Forum (MIF) di Hotel Four Point by Sheraton, Selasa (8/11).


Pada kesempatan itu, delegasi dari Australia yang didampingi oleh Konsul Jenderal Australia di Makassar, Ibu Bronwyn Robbins mulai menjajaki peluang kerja sama bisnis dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Salah satunya bisnis rumput laut.


Untuk memenuhi keinginan Pemerintah Australia  mengembangkan bisnis rumput laut, Pemkot Makassar mengusulkan kolaborasi dengan kabupaten penghasil rumput laut di Sulawesi Selatan.


“Mereka (Australia) tadi maunya bisnis rumput laut, tapi kita (Makassar) tidak punya rumput laut makanya saya akan mengajak bupati yang punya rumput laut untuk berkunjung ke sana, nanti Makassar yang koordinir,” kata Danny Pomanto.


Menurut Danny Pomanto, rumput laut menjadi komoditi yang paling diunggulkan di Australia. Untuk itu, Kota Makassar siap menjadi fasilitator mempertemukan investor dengan kabupaten/kota penghasil rumput laut.


Apalagi Kota Makassar dengan visi-misi Kota Dunia telah menjalin kerja sama dengan negara sahabat. Seperti, Australia dan Singapura.


“Makassar siap menjadi bagian untuk kita bisa share dengan teman-teman di luar (investor) jika ada keinginan investasi yang tidak dimiliki Kota Makassar. Misalnya rumput laut di Australia itu menjadi komoditi yang sangat diunggulkan, Kota Makassar tidak punya tapi tetangga kita punya,” tuturnya.