Kamis, 09 Maret 2023

Sosialisasikan olahraga gateball di Mateng, Dinas PUPR Sulbar lakukan Eksibishi

Tags

 


Nuansa Terkini Mamuju, - Olahraga gateball semakin digemari di masyarakat umum di Provinsi Sulawesi Barat. Gateball yaitu olahraga modifikasi sebagai permainan Croquet yang menggunakan Palu untuk memukul bola, ujar H. Firman Juang ST .


Selain menyehatkan, olahraga ini juga diyakini bisa meningkatkan Imunitas tubuh ungkap Firman Juang selanjutnya juga merupakan olahraga yang bisa dimainkan secara rilleks yang dapat dilakukan oleh tua muda putra putri dan semua kelas dan golongan yang ada di masyarakat. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier free sport (olahraga tanpa batas) tandas Firman olahraga  ini pun perlu tetap melaksanakan sosialisasi .


pada tingkat masyarakat secara umum, tak terkecuali mamuju tengah sebagai salah satu tujuan tempat sosialisasi olahraga yang menarik ini.


Pertandingan Gateball ini yang dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR Sulawesi Barat dan Kepala  Dinas PUPR Kabupaten Mamuju ini berjalan hangat, suasana terjalin akrab dengan seluruh staf dinas yang hadir. Turut hadir dalam rombongan ini bapak sekretaris dinas PUPR Sulawesi barat, Ridwan Alimuluk menyebutkan, bahwa acara ini selain sosialisasi juga mengharapkan terjadinya keakraban antar instansi ini dilapangan dan juga dijadikan ajang silaturrahmi tidak melulu kita bahas program jika bertemu, namun dapat juga dalam bentuk olahraga, apalagi ini sudah menjadi olahraga prestasi yang dipertandingkan pada ajang olahraga nasional tutur Ridwan.


Kegiatan olahraga ini turut hadir dalam kesempatan ini, ibu-ibu dari Dharma Wanita Persatuan, tidak kurang 10 orang hadir saat tuan rumah DWP Dinas PUPR Sulawesi Barat melawan DWP Dinas PUPR kabupaten mamuju tengah. Selain itu audiens yang lain dari staf bidang dan uptd dinas PUPR Sulawesi barat. Beberapa kepala bidang ikut bermain dan bersosialisasi tentang oleh olahraga ini dilapangan depan kantor dinas PUPR mamuju tengah. 


Berikutnya olahraga ini pertama kali dikenalkan di Jepang,kemudian menyebar ke seluruh dunia dan diperkenalkan ke Indonesia melalui menteri PUPR RI selaku ketua umum nasional. Melalui koordinasi ini hingga, kepala dinas PUPR Sulawesi barat menjadi ketua umum pergatsi (persatuan gateball seluruh Indonesia) pengurus wilayah Sulawesi barat, sedangkan kepala dinas PUPR di kabupaten menjadi ketua umum tingkat kabuoaten dalam pergatsi ini. Walaupun tidak secara eksplisit disebutkan demikian, namun koordinasi seperti ini sudah dilakukan di beberapa kabupaten, sehingga di Sulawesi barat juga melaksanakan sistem kepengurusan seperti itu.


Firman menambahkan bahwa tidak lama lagi, pada bulan Juni tahun 2023, akan dilaksanakan pra pon 2023 cabang olahraga gateball di Jakarta. Peserta nya dari seluruh provinsi secara nasional, termasuk Sulawesi barat, akan ikut mengirimkan atlet terbaiknya pada ajang ini. Olehnya itu, pembentukan pengurus cabang di daerah kabupaten, adalah tahapan yang baik untuk melangkah pada ajang ini tutup H. Firman Juang Mallarangeng, ST. (Irwan).