Senin, 13 Mei 2024

Lurah Cambaya Menerima Bantuan Sumur dalam Untuk Warga Pesisir Yang Susah Mendapatkan Air Saat Musim Kemarau

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar, - Mantan Kasi Pemerintahan Kelurahan Cambaya yang saat ini sudah menjabat 2 tahun sebagai Lurah Cambaya, Andi Rosmiati, S. Sos  saat di konfirmasi oleh wartawan media online nuansa terkini di kantor Kelurahan Cambaya Jl. Barukang Utara,  menyampaikan bahwa untuk  jumlah kk yang ada di Kelurahan Cambaya sekitar 6000 dia melakukan pendekatan ke masyarakat  dengan menyentuh hati mereka. Lurah Cambaya turun langsung menemui warganya, ketika ada warga yang belum pernah mendapatkan bantuan berupa raskin. Lurah Cambaya mendata lalu memberikan bantuan beras kepada warga yang tidak mampu. Senin (13/5/2024).


"Setiap saya rapat saya sampaikan kepada RT dan RW, tegakkan yang sebenar - benarnya kalau ada masyarakat yang komplain. Ada masyarakat yang mengeluh keadaannya maka kita berikan bantuan, kalau ada informasi bantuan subsidi harus transparan si karena jangan sampai sedikit saja memperkeruh suasana , ada warga yang komplain karena tidak mendapatkan bantuan baik berupa Raskin, PHK atau bantuan lainnya, ' kata Andi Rosmiati.


Selain itu, Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung tanah, mendapatkan bantuan dari pusat sumur dalam yang mana anggaran nya sekitar 400 juta, dari anggaran tersebut maka di lakukan pengeboran di rumah warga yang mana pengeboran  tersebut. Terkendala karena pada kedalam 8 meter terjadi longsor. Lalu dipindahkan ke depan kantor Lurah Cambaya setelah dilakukan pengeboran tanah depan kantor Lurah Cambaya longsor lagi.


" Jadi sebagai ketua asosiasi mencari lokasi baru kebetulan yang dikasi amanah untuk  lahan pengeboran di halaman rumah H. Ali di kasi lahan situ,  inikan sudah berdiri tower nya didalam cuma karena gagal pengeboran nya. Karena ini faktor alam di pindahkan ke depan kantor ternyata  terjepit lagi, sehingga di temukan  mata' air karena di musim kemarau banyak warga yang menggunakan gerobak untuk membeli air," ujarnya.


Menurut Lurah Cambaya, ia akan mengundang  semua warga Kelurahan Cambaya siapa yang ingin memakai air maka ada biaya nya, karena untuk pemasangan sumur dalam mempunyai biaya kilometer, biaya listrik dan pemasangan pipa. Sehingga dalan hasil rapat nantinya akan di sepakati untuk biaya pemasangan sumur dalam. 


Adapun bantuan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Cambaya yang mendapatkan PKH sekitar 500 lebih warga yang mendapatkan bantuan PKH, 


"Apakah ada pindahan atau meninggal  baru kuta cari siapa yang bisa menggantikan,  pendamping PKH yaitu Bapak Emi kalau di Kelurahan Cambaya tepat sasaran ji semua. Karena masih banyak yang saya  bikinkan keterangan tidak mampu, saya bilang kordinasi miki dengan Dinas Sosial.  Karena kita cuma menyalurkan saja adami nama - nama dari Dinas Sosial, kita cari orang nya biasa ada dari kantor pos kalau misalnya ada yang meninggal.  Tidak adami datang orang nya yang terima bantuan nya baruki konfirmasi sama pegawai pos, bahwa  atas nama ini sudah meninggal sehingga namanya dikeluarkan, bagi semua penerima PKH namanya di tempelkan dideapan kaca kantor Kelurahan Cambaya kalauada namanya silahkan ke kantor pos, ," ungkapnya.

 

Untuk pembayaran PBB  di Kelurahan Cambaya sudah mencapai 30 persen, pembayaran dilaku melaui bank sehingga tidak adalagi yang melakukan pembayaran di Kelurahan Cambaya.


" Saya berharap kedepannya semoga  kehidupan warga Kelurahan Cambaya lebih bagus lagi, dengan adanya subsidi dari pemerintah maka bantuan yang diberikan kepada warga yang tidak mampu tepat sasaran,"ucapnya. (L/Jamila).