Rabu, 02 Juni 2021

Guru Besar ‘Tulang Besi’ Sering Bongkar-Pasang Pejabat di Pemkot Makassar

Tags





Nuansa Terkini Makassar, - Selama menjabat Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin telah melakukan ‘Bongkar-Pasang’ sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota Makassar dengan alasan yang bermacam-macam pula.

Seperti yang dilakukan Rudy, sang guru besar ‘Tulang Besi’, baru-baru ini mengganti Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Andi  Rahmat Mappatoba.

Jabatan Plt Kepala BPKAD saat ini diisi Ismail Hajiali Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar. Sedangkan, Rahmat tetap menjabat sebagai Sekretaris BPKAD Makassar.

Rudy beralasan beban kerja BPKAD terlalu tinggi. Banyak anggaran yang lambat dieksekusi. Hal itu disebabkan sekretaris yang juga rangkap jabatan sebagai pelaksana tugas.

“Inikan awal tahun, beban kerja di BPKAD itu lagi tinggi dan keterlambatan eksekusi anggaran mulai kelihatan. Jadi beban kerjanya berat, karena sekdis merangkap plt. Sehingga terjadi keterlambatan,” ujarnya, Rabu (10/02/2021).

“Karena itu, kita memandang perlu dibackup. Makanya saya tugaskan Kepala Diskominfo (Ismail Hajiali) jadi Plt karena beliau pernah di Bappeda,” tambahnya.

Bongkar-pasang pejabat bukan kali pertama. Pada 4 Februari lalu, Rudy mencopot Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar Rusmayani Majid. Jabatan itu diserahkan ke Sekretaris Dispar Makassar Kamelia Thamrin sebagai pelaksana tugas.

Jauh sebelumnya, di awal masa jabatannya sebagai Pj Wali Kota Makassar, Rudy mencopot Dirut RSUD Daya Ardin Sani pada 29 Juni 2020. Tepat tiga hari pasca-dilantik Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Dia bulan setelah itu, dia kembali mengganti Plt Kepala Dinad Pendidikan (Disdik) Makassar Amelia Malik dan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar Nirman Mungkasa.

Bedanya, jabatan Plt Kepala Disdik Makassar masih diisi Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Makassar Irwan Bangsawan. Sedangkan jabatan Plt Kepala Dinas PU Makassar tiga kali gonta-ganti pasca ditinggal Nirman.

Pada 30 Agustus, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Makassar Fatur Rahim menggantikan Nirman sebagai Plt Kepala Dinas PU Makassar.

Namun jabatan itu tidak bertahan lama, pada 10 September Fatur digantikan oleh Hamka yang juga menjabat senagai Sekretaris Dinas PU Makassar.

Hanya selang sebulan, Hamka juga dilengser. Dia digantikan Irwan Adnan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar.

Tidak hanya itu, jabatan Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar juga berganti.

Sebelumnya, jabatan itu diisi Basri Rakhman Sekretaris BKPSDM Makassar. Namun, pada 1 Desember, dia digantikan oleh Andi Muh Yasir, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar. (*).