Rabu, 09 November 2022

Rakernis APEKSI & MIF Resmi Ditutup, Wawali Makassar Harap Pemerintah Kota Manfaatkan Peluang Investasi

Tags



Nuansa Terkini Makassar,- Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi resmi menutup kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernis) Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) & Makassar Invesment Forum (MIF), di Hotel Four Point by Sheratoh, Rabu (9/11/2022).


Kegiatan yang dihadiri 64 kota se-Indonesia dan perwakilan delegasi delapan negara ini berlangsung mulai 7-9 November 2022.


Di hadapan peserta yang hadir, Fatmawati Rusdi berharap kota-kota yang hadir dapat memanfaatkan peluang investasi selama tiga hari pelaksanaan Rakernis APEKSI & MIF.


"Kemarin ada juga rangkaian one on one meeting, kami berharap dari sesi itu banyak daerah yang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan melakukan eksplorasi dan pertemuan kerja sama," ucap Fatmawati.


Ia juga merasa bangga sebab Makassar bisa menjadi fasilitator bagi kota-kota di Indonesia untuk bertemu dengan investor asing.


Dalam MIF, Pemkot Makassar menghadirkan delegasi dari delapan negara. Yakni, Korea Selatan, Jepang, Jerman, Australia, Belanda, Singapura, Hongkong, dan Inggris.


"Kebahagiaan bagi kami karena telah menjadi fasilitator bagi pembangunan yang maju di daerah bapak dan ibu sekalian," tuturnya.


Ia mengatakan ada dua sesi penting MIF yang membahas peningkatan industri maritim dan percepatan infrastruktur di Sulawesi.


Materi ini diangkat mengingat kota-kota yang memiliki karakter maritim perlu didukung dengan infrastruktur yang memadai. 


Untuk melengkapi kedua sektor tersebut, 

daerah harus memiliki kapasitas yang baik dalam mengidentifikasi peluang-peluang investasi dan kerja sama. 


"Kota Makassar menyadari bahwa kegiatan 

ini adalah momen yang akan mempererat jalinan kemitraan melalui investasi," tuturnya.


Fatmawati Rusdi juga berterima kasih, sebab APEKSI nampu memperjuangkan anggaran dana kelurahan yang tidak lagi diturunkan pemerintah pusat akibat refocusing pasca pandemi Covid-19.


Khusus di hari terakhir, Rakernis APEKSI & MIF  membahas tantang Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).


Hadir sebagai pembicara yakni Mayang Sari Direktorat Perencanaan Jasa dan Kawasan BKPM RI, Delano Dalo Division Head-Project Development PT Sarana Multi Infrastruktur.


Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Sulawesi Selatan Agiv Satriawan Alimuddin, dan Deputi Direktur Bank Indonesia Sulawesi Selatan Febriana.