Senin, 30 Januari 2023

Jamnas SPA Hadirkan Talk Show Menjawab Tantangan Dan Peluang Dalam Dinamika Ekologi Petani Alami

Tags



Nuansa Terkini Bantaeng, - Mewakili Bupati Bantaeng Dr. H Ilham Syah Azikin, M.Si, Camat Pa'jukukang, Abdul Haris, S.Sos MM, secara resmi membuka Pagelaran Jambore Nasional Petani Alami di Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.


Jambore Nasional Petani Alami ini digelar, Minggu,29 Januari 2023, di Anjungan pantai Marina yang di hadiri dari berbagai Komunitas Petani di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera dan berbagai daerah di Sulawesi yang konsen dalam bidang pertanian.


Menurut Ketua SPA Butta toa, Sakir S.Pdi. bahwa Jambore Nasional Petani Alami ini hadir sebagai bentuk kolaborasi bersama Bina Desa, yang tujuan utamanya sebagai tempat sering dan berbagai ilmu di bidang pertanian secara langsung dengan berbagai komonitas Petani Alami di seluruh Daerah di Indonesia khusus Sulawesi Selatan. 


_"Kami berharap dengan hadirnya pagelaran Jambore ini menjadi wadah untuk bertukar informasi dan inovasi guna memajukan pertanian secara Alami di kabupaten Bantaeng secara luas" ungkapnya 


Hal ini menurutnya tak lepas dari peran dan support pemerintah melalui Dinas ketahanan pangan dan Pertanian Kabupaten Bantaeng serta kolaborasi bersama pemuda tani dan lembaga dan organisasi pemerhati pertanian.


_"Terimakasih atas support pemerintah kabupaten Bantaeng dan Bina Desa, sehingga kegiatan Jambore Nasional Petani Alami ini selama tiga hari bisa sukses dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng"Ucap Sahir.


Sementara itu dalam sambutan Camat Pa'jukukang Abdul Haris menggukapkan  rasa bangga dan terimakasih atas pelaksanaan Jamnas Petani Alami yang di laksanakan di kabupaten Bantaeng.


Menurut ini adalah hal yang membanggakan Selain Mejadi tantangan juga menjadi sektor peningkatan ekonomi dimana pertanian merupakan sektor yang berperan penting sehingga kabupaten Bantaeng tetap eksis meski dilanda vandemi Covid 2 tahun belakangan ini. 

Selain itu peningkatkan sektor pertanian di kabupaten Bantaeng khususnya di kabupaten Pa'jukukang perlu ditingkatkan guna menunjang kebutuhan masyarakat dan industri.


_"Melalui jambore Nasional Petani Alami ini menjawab tantangan ini, yang hadir berkontribusi meningkatkan ekonomi petani melalui Pangan sehat"jelasnya


Untuk itu dirinya berharap konsistensi dan kolaborasi terus digalakkan bersama komonitas Pemuda tani, UMKM, tokoh perempuan dan Dinas Pertanian, sehingga kegiatan ini berkesinambungan.



_"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan saya ucapkan selamat datang delegasi Jambore Nasional Petani Alami di kabupaten Bantaeng" pungkasnya sembari membuka acara.


Kegiatan Jambore Nasional Petani Alami ini juga menghadirkan talk show mengulas  tema "Menjawab Tantangan Dan Peluang Dalam Dinamika Ekologi Petani Alami" di kabupaten Bantaeng.


Dipandu oleh Irvandi Gama, secara interaktif Talk Show ini menghadirkan narasumber di antaranya, Mantan Sekjend Perserikatan Petani Sulsel, Armin Salassa, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng Mahyudin S.STP,


Bina Desa Ibu, Maritsa,  Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas pertanian, Asniati Ninra. SP, MP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DLH, Nasir Awing Ketua Umum SPA Butta toa , Sakir S.Pdi serta Camat Pajukukang Abdul Haris S.Sos MM.