Senin, 27 November 2023

Dinas Pertanahan Makassar Fokus Mengurus HPL Karebosi

Tags


Nuansa Terkini Makassar, -  Kepala Bidang Pemanfaatan Tanah Dinas Pertanahan Kota Makassar Ismail Abdullah, mengatakan pengurusan HPL atau sertifikat lahan di Karebosi masih menunggu pusat. Saat ini pihaknya sudah menyerahkan berkas ke pemerintah pusat.

“Sementara on progres di Jakarta. Artinya, Bu Kadis sudah mengantar ke Jakarta lengkap dokumen. Ini tanda tangan menteri,” ujar Ismail Abdullah, Minggu 19 November 2023.

Disinggung soal tender terancam batal lantaran tak mengantongi HPL sebelum penandatangan kontrak, Ismail Abdullah membantah keras. Menurutnya, proses tender tak memengaruhi keberadaan HPL.

“Siapa bilang tidak bisa tanda tangan tender? Ibu Kejari kemarin merekomendasikan kalau ada HPL. Tapi ini sudah on progres dan tidak ada sengketa lahan di atasnya. Kecuali ada sengketa di atasnya, maka dibutuhkan fisik sebagai penguatan. Ini kan tidak adaji klaim Lapangan Karebosi,” tandasnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kepala Dispora Makassar Andi Patiware menyampaikan harapan agar Dinas Pertanahan Kota Makassar segera menyelesaikan HPL sebelum penandatanganan kontrak dengan pemenang tender Revitalisasi Kawasan Olahraga Karebosi dan Fasilitasi Pendukung.

Dia ingin HPL bisa diselesaikan sebelum tanda tangan kontrak yang ditargetkan akhir bulan akan dilaksanakan.

“Besar harapan kami Dinas Pertanahan bisa mempercepat HPL. Apalagi, tim pendamping hukum bilang harus ada alas hak,” jelas Andi Patiware.

Dia melanjutkan, Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar Sri Sulsilawati sebenarnya sudah menyampaikan jika HPL sudah ada. Namun itu baru disampaikan secara lisan.

Pihaknya ingin melihat fisik alas hak tersebut. Sebab, tim pendamping meminta agar menyertakan fisik HPL sebelum tandatangan kontrak.

“Bu Kejari sudah ingatkan kita soal itu. Beberapa anggota dewan juga pertanyakan HPL. Ini agar menghindari timbulnya masalah hukum dibelakang hari,” terangnya.