Jumat, 13 Agustus 2021

Kabid Penyuluh Pertanian Takalar : Jenis Padi di Takalar Paritasnya Unggul

Tags

 



Nuansa Terkini Takalar -  Kabid Penyuluh Pertanian Takalar Supriyadi Temba, Sp. M. Si. Saat di temui di ruangannya Jl. Diponegoro, mengatakan  untuk PNS yang ada pada bidang penyuluh pertanian Takalar sekitar tiga puluh delapan, THL enam puluh orang, untuk swadaya sekitar lima puluh delapan. Pada bidang penyuluhan ada sekitar seribu delapan ratus kelompok tani khusus di Kabupaten Takalar,  Kamis (12)8/2021).


"  Untuk kerjasama dengan dolog itu kita arahkan ke wirausahaan bagi petani dan disamping  petani memberikan penyuluhan kepada petani, ada yang namanya bagian pemasaran. Inilah yang mencakup beberapa kelompok - kelompok ekonomi pertanian yang membidangi tentang usaha - usaha pertanian, seperti untuk kedolog baik berasnya  apa gabah kering giling atau gabah kering panen, " ujar Supriyadi Temba.


Selain itu, tugas dari bidang penyuluh pertanian Takalar adalah sebagai penyambung  lidah ke petani. Ketika ada kebutuhan petani yang belum terpenuhi maka bidang penyuluh pertanian Takalar akan menyampaikan pusat, untuk bisa memenuhi kebutuhan petani di Kabupaten Takalar.


" Kalau dikatakan tengkulak saya tidak ada, dengan pemahaman secara luas ke petani kita mengikuti pelatihan - pelatihan. Makanya kita lakukan perkelompok, itu kita betul - betul melakukan pelatihan. maka  dia akan menunjuk siapa pemasar atau pengusaha - pengusaha yang bisa ambil hasil usaha taninya, " kata Kabid Penyuluh Pertanian Takalar.


Untuk di Kabupaten Takalar petani panen dua sampai tiga kali panen dalam satu musim, dalam artian petani petani tiga kali tanam padi dalam setahun.  Jenis padi di Takalar mempunyai paritas yang unggul. (Ln).