Minggu, 07 November 2021

Wali kota Danny Resmikan Renovasi Bangunan Makam Raja Bone ke XXII

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar,~Walikota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto meresmikan makam raja Bone ke XXII, yang bergelar Puwatta Lawesongang Petta Matinroe RI Mallimongang. Di Komplek Makam Jalan Tarakan. Senin (8/11/2021).


Peresmian Makam Puwatta dilaksanakan setelah selesai direnovasi oleh para wija Puwatta raja Bone ke XXV sekaligus Datu Soppeng ke XXV.


Wali kota Danny mengatakan, pelestarian makam raja sangat tepat dengan apa yang menjadi visi misi pemerintahannya ke depan, salah satunya adalah menyangkut sejarah dan budaya. 


"Kami masukkan faktor sejarah menjadi faktor penting, karena dunia hari ini menjadi sama dengan teknologi yang ada di dunia ini menjadi klise tidak ada bedanya lagi kita ke Surabaya Makassar dan ke Jakarta, bahkan di seluruh dunia," ucapnya.


Menurut Danny kehilangan karakter sejarah, adalah kecelakaan sejarah yang paling besar, maka Danny mengajak untuk mengingat sejarah menjadi Siri na pacce' yang menjadi karakter orang Bugis Makassar.


'Maka dengan itu makam raja raja di Makassar ini kita jadikan tempat sangat bersejarah di sekitar Makassar, ada makam raja Gowa ada makam raja Bone, Jawa, pahlawan Datuk Ribandang, Maipa Depati, Datu Museng dan Insya Allah kami akan menerima perintah Pak Amir Syam untuk mencari makam Raja Bone  Rompegading," jelasnya.


Hadir dalam peresmian Makam raja Bone diantaranya: Mayjen TNI (Purn.) H. Amin Syam, Wali kota Bontang Basri Rase, Andi Bau Irman. Andi Mappanyukki, Andi Kumala Andi Ijo. (*).